Yamaha Lexi

Wejangan Legenda untuk Jojo dan Anthony soal Kans ke Olimpiade

  Jumat, 08 November 2019   Suara.com
Dua pebulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo (kiri) dan Anthony Sinisuka Ginting. (Humas PBSI)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Legenda bulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma, memberi wejangan kepada dua ujung tombak tunggal putra Merah Putih, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, yang tengah mengejar tiket lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Menurut peraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona itu, baik Jonatan dan Anthony harus memandang target lolos ke Olimpiade bukan sebagai beban dan tekanan, melainkan kesempatan emas yang harus diperjuangkan.

"Tekanan ini sebenarnya bisa kita pikirkan secara positif dan negatif. Kalau saya menyampaikan pada mereka secara positifnya," ujar Alan saat ditemui di kawasan Sudirman, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

AYO BACA : Performa Anjlok, Jojo dan Ginting Diminta Kurangi Main Medsos

"Apa itu? Ini adalah kesempatan. Mereka dipilih, dua orang, mereka berdua yang mendapat kesempatan ini (ke Olimpiade)."

"Kesempatan ini akan lama lagi (bila terlewat) empat tahun mendatang. Empat tahun lagi ya kita tak akan tahu apa yang akan terjadi," katanya.

Kendati penampilan Jojo—sapaan akrab Jonatan—maupun Anthony masih belum stabil, bahkan beberapa kali harus terhenti di babak pertama sebuah turnamen, Alan meminta keduanya untuk menjaga optimisme.

AYO BACA : Curhat Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Ihsan Maulana Soal Tipe Cewek Idamannya

Sebagai dua tunggal putra Indonesia dengan peringkat dunia tertinggi—Jojo peringkat tujuh, Anthony delapan—, keduanya dipandang Alan harus termotivasi untuk meningkatkan kemampuan dan membayar kepercayaan PBSI.

"Setelah dilatih bertahun-tahun, merekalah yang layak untuk mewakili Indonesia. Itu dulu," jelas Alan.

"Pelatih sendiri kan memercayakan atlet tersebut untuk meraih medali. Kepercayaan diri itu harusnya jadi sisi positf bukan beban."

"Ini semua di pola pikir mereka. Mereka harus berpikir, 'pelatih pilih saya karena saya the best dan saya mampu'. Cara menjawabnya ya dengan mereka latihan," pungkas suami dari legenda bulu tangkis Susy Susanti.

AYO BACA : Jonatan ‘Jojo’ Christie Rintis Usaha Fesyen sebagai ‘Jaring Pengaman’

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar