Yamaha Lexi

1.742 Konsumen Jadi Korban Akumobil, Total Kerugian Capai Rp100 Miliar

  Kamis, 07 November 2019   Faqih Rohman Syafei
Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Polisi mencatat korban dugaan penipuan yang dilakukan oleh Akumobil mencapai ribuan orang. Nilai total kerugian ditaksir mencapai Rp100 miliar.

Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M. Rifai mengatakan selain menjual unit mobil kepada para konsumennya mulai harga Rp50 jutaan, Akumobil pun menjual sepeda motor dengan harga di bawah pasaran. 

AYO BACA : 350 Orang Jadi Korban Akumobil, Polrestabes Bandung Buka Posko Aduan

Untuk mobil ada 1.342 konsumen sementara yang kita datakan. Motor ada 408 konsumen, ujarnya di Mapolrestabes Bandung, Kamis (7/11/2019).

Dia menyebutkan sebagian dari ribuan konsumen tersebut sudah membayar lunas unit kendaraan yang dibelinya, namun ada juga yang baru membayar uang mukanya saja. 

AYO BACA : Mobil Mewah dan Moge Aset Akumobil Disita Polisi

Lanjut Rifai, jika diakumulasikan dengah jumlah konsumen korban Akumobil yang mencapai ribuan nilai kerugiannya ditaksi hingga miliaran rupiah. 

Ada yang sudah membayarkan DP-nya, namun dikembalikan. Nilai kerugian sekitar Rp100 miliar, katanya.

Dia mengatakan pihaknya telah menetapkan satu orang tersangka yakni Dirut Akumobil, BR dalam kasus ini. Diduga, uang konsumen digunakan tersangka untuk membeli sejumlah kendaraan mewah dan barang-barang lainnya hingga membayar gaji karyawan.

Kami juga telah menyita kendaraan yang menjadi aset atau kendaraan yang menggunakan dana dari konsumen yaitu tujuh unit mobil dan empat motor besar, katanya.

Dia menambahkan tersangka dijerat dengan Pasal 378 dan 371 KUHP. Pasal 378 dan 371 akan kita gelar perkara dan kita mungkin naikkan ke tindak pidana pencucian uang (TPPU), katanya.

AYO BACA : Polisi Sebut Ada Kemungkinan Tersangka Baru Kasus Akumobil

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar