Yamaha

Akun-akun Palsu Nadiem Makarim Bermunculan di Instagram dan Twitter

  Kamis, 07 November 2019
Postingan Kemendikbud membantah akun medsos Mendikbud Nadiem Makarim. (Twitter/@kemendikbud)]

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim merupakan salah satu menteri paling disorot di kabinet Jokowi periode kedua ini. Akhir-akhir ini, beredar akun Mendikbud Nadiem Makarim yang diduga palsu.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Meskipun sebagai menteri termuda di kabinet kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Nadiem, ternyata tidak memiliki media sosial dengan akun Mendikbud Nadiem Makarim.

AYO BACA : DPR Minta Kemendikbud Fokus pada Tujuan Pendidikan

Akun resmi Twitter @Kemendikbud_RI mengatakan bahwa Nadim Makarim tak memiliki akun media sosial. Jika ada akun atas nama Mendkibud Nadiem Makarim, yang berarti akun tersebut merupakan akun palsu.

Hal ini diunggah oleh akun Kemendikbud karena banyak akun Instagram dan Twitter yang mengatasnamakan Nadiem sebagai Mendikbud. Beberapa akun mengatasnamakan Nadiem Makarim beredar mengatasnamakan mantan CEO Gojek tersebut.

AYO BACA : Jokowi Minta Nadiem Perhatikan Pendidikan di Luar Jawa

Namun akun-akun tersebut tak memiliki centang biru atau verified dari Twitter dan Instagram. Perlu diketahui bahwa akun resmi pejabat RI umumnya sudah verified dari media sosialnya dengan tanda centang biru.

Sehingga bisa dipastikan, akun-akun tersebut bukanlah milik Nadiem Makarim yang asli.

Tak hanya Nadiem Makarim yang tak memiliki media sosial, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate juga sempat tak memiliki akun media sosial Twitter. Namun usai dilantik, beberapa hari kemudian ia membuat akun Twitter @PlateJohnny.

Akun Twitter maupun Instagram milik Johhny G. Plate sudah terverifikasi. Artinya, akun tersebut merupakan asli milik Menkominfo Johnny,

Hingga kini tak diketahui apakah nantinya Nadiem Makarim akan membuat akun media sosial atau tidak seperti Menkominfo Johnny G. Plate.

AYO BACA : Kemendikbud Harus Benahi Masalah Ketersediaan Guru

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar