Yamaha Lexi

Belajar Sambil Bermain ala Sekolah Nurul Huda Yamada di Taman Perpustakaan

  Kamis, 07 November 2019   Mildan Abdalloh
Sejumlah siswa Nurul Huda Yamada belajar sambil bermain di Taman Perpustakaan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, Kamis (7/11/2019).(Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah sekolah yang berada di sekitar Kecamatan Soreang, memanfaatkan Taman Perpustakaan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung untuk menggelar belajar di luar kelas, Kamis (7/11/2019).

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memprogramkan sehari belajar di luar kelas dalam rangka memperingati hari anak internasional yang jatuh pada hari ini.

Guru MI Nurul Huda Yamada, Soreang, Siti Imas Masitoh, mengaku bersama beberapa guru sengaja membawa siswa untuk belajar di luar kelas berlokasi di Taman Perpustakaan Pemkab Bandung.

"Ada lima rombel (rombongan belajar) dari kelas 1 dan 2 yang hari ini di bawa ke sini," tutur Siti.

Taman Perpustakaan Pemkab Bandung dipilih menjadi lokasi belajar di luar kelas karena lokasi yang dekat dengan sekolah.

Di samping itu, banyak bahan pembelajaran yang bisa diberikan kepada siswa, seperti pengenalan tumbuhan, juga membaca.

AYO BACA : Liputan Khusus: SD Swasta Terancam Tutup, Kepsek: Kami Ibadah

"Di sini ada banyak buku, jadi bisa memberikan pemahaman kepada anak, kalau meminjam buku di perpustakaan itu harus daftar dulu," ujarnya.

Belajar di luar kelas, lanjut Siti, sudah biasa dilakukan oleh MI Nurul Huda Yamada, setiap bulan pihak sekolah selalu mengagendakan belajar di luar.

"Bukan hanya karena hari anak. Tapi sudab rutin, kalau tidak ke sini, biasanya ke tempat sekitar. Atau hiking ke Gunung Singa," katanya.

"Tapi karena ada hari anak, di sini juga jadi lumayan ramai hari ini," imbuhnya.

Menurut Siti, ada beberapa sekolah lain yang membawa siswanya untuk belajar di luar kelas menggunakan taman perpustakaan Pemkab Bandung.

Pantauan, puluhan siswa dari sejumlah sekolah memenuhi taman perpustakaan soreang, mereka belajar didampingi guru masing-masing.

Tidak sedikit orang tua turut mengantar anaknya yang sedang belajar di Taman Perpustakaan Pemkab Bandung.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar