Yamaha

Kini Bayar Zakat Bisa Pakai GoPay lewat GoZakat

  Selasa, 05 November 2019   Nur Khansa Ranawati
[REDAKSI] Kini Bayar Zakat Bisa Pakai GoPay lewat GoZakat (ayobandung.com/Nur Khansa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Saat ini, para wajib zakat atau muzakki dapat memanfaatkan layanan GoZakat untuk membayar zakat harta (zakat mal). Layanan tersebut sudah tersedia dan dapat diakses di dalam aplikasi GoJek melalui sistem pembayaran GoPay.

Peluncuran layanan GoZakat tersebut dilakukan di sela acara World Zakat Forum 2019 di hotel Crowne Plaza Bandung, Selasa (5/11/2019). Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata menyebutkan, layanan ini dimunculkan karena melihat animo masyarakat yang tinggi dalam memanfaatkan GoPay sebagai sarana berbagi donasi.

"Hingga Oktober 2019, kenaikan donasi digital menggunakan GoPay mencapai 1.300 kali lipat dan telah berhasil membantu mengumpulkan donasi senilai Rp63 miliar," ungkapnya.

Untuk itu, bekerjasama dengan sejumlah badan dan lembaga amil zakat, layanan yang memungkinkan pengguna membayar zakat dengan praktis dihadirkan. Pengguna yang ingin membayar zakat dapat membuka fitur GoBills yang terdapat di dalam aplikasi GoJek, kemudian pilih menu "Zakat".

Setelah itu, akan muncul borang yang dapat diisi besaran jumlah zakat yang akan dibayarkan. Selain melalui BAZNAS, pengguna juga dapat menyalurkan zakatnya melalui Baitul Maal Hidayatullah, LazisMU, LazisNU, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat.

Direktur Operasi BAZNAS, Wahyu Kuncahyo menyambut baik hal tersebut. Dirinya menilai, hal ini akan mempermudah muzakki terutama kalangan milenial untuk membayar zakat. Sehingga diharapkan angka penerimaan zakat yang ditarrgetkan secara nasional dapat tercapai.

"Perilaku milenial dengan orangtua kita memang berbeda. Dengan bayar melalui GoPay, kami menyambut milennial yang mau menunaikan kewajibannya tanpa melalui prosedur yang merepotkan seperti dulu," ungkapnya ketika ditemui dalam kesempatan yang sama.

Dirinya juga menjamin proosedur pembayaran zakat secara digital melalui GoPay tersebut telah sesuai dengan syariat Islam. Pasalnya, proses ijab qabul pun tetap terlaksana lewat notifikasi yang muncul pascatransaksi.

"Ijab qabul-nya nanti dibuat tertulis begitu pengguna menyetor. Akan ada tampilan pop-up ucapan terimakasih atas zakat yang diberikan, dan akan ada tautan mengenai transaksi yang dilakukan. Secara syar'i syaratnya terpenuhi semua, aman," jelasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar