Yamaha Lexi

Akumobil Tidak Terdaftar dan Tidak Diawasi OJK

  Senin, 04 November 2019   Faqih Rohman Syafei
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Barat menegaskan, perusahaan Akumobil tidak pernah terdaftar di OJK. Akumobil sendiri bukan perusahaan yang bergerak di bidang industri keuangan. (Ayobandung.com/Faqih Rohman)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Barat menegaskan, perusahaan Akumobil tidak pernah terdaftar di OJK. Akumobil sendiri bukan perusahaan yang bergerak di bidang industri keuangan.

"Tidak pernah terdaftar di OJK," ujar Kepala OJK Jawa Barat Triana Gunawan saat ditemui Ayobandung.com, Senin (4/11/2019).

Triana menyebutkan, Akumobil merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan sehingga tidak diawasi oleh OJK. Sementara itu, izin yang dikantonginya berasal dari Satgas Waspada Investasi.

AYO BACA : 4 Bulan Mobil Tak Kunjung Datang, Puluhan Konsumsen Mendatangi Akumobil

"Kami katakan bahwa tidak urusan dengan dan tidak diawasi OJK karena Akumobil bukan perusahaan jasa keuangan," katanya.

Dia mengatakan, OJK Jawa Barat pernah mendapat laporan masyarakat yang menanyakan legalitas Akumobil. Laporan tersebut, kata Triana, kemudian dilayangkan pihaknya kepada SWI untuk diklarifikasi.

"Berdasarkan keterangan SWI ini yang mengeluarkan izin adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui perizinan online single submission (OSS). Pada 7 Oktober 2019 ada siaran pers Akumobil sudah berizin," katanya.

AYO BACA : Sejumlah Korban Akumobil Melapor ke Polrestabes Bandung

Triana menyebutkan, SWI bukan hanya OJK melainkan diisi satgas yang terdiri atas beberapa instansi. Tujuannya untuk melindungi masyarakat dari investasi bodong.

Sementara itu, untuk kasus dugaan penipuan Akumobil, OJK Jawa Barat telah berkoordinasi dengan polisi. "Saat ini koordinasi Polrestabes Bandung dan Polda Jawa Barat," ucap Triana.

Dia pun mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berinvestasi di tengah maraknya tawaran yang menggiurkan.

"Lakukan 2L, yakni legal perusahaan dan logis tawarannya," kata Triana.

AYO BACA : Kasus Dugaan Penipuan Akumobil, Polisi Tetapkan Seorang Tersangka

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar