Yamaha

Ratusan Calon Kades Sukabumi Jalani Tes Urine Narkoba

  Kamis, 31 Oktober 2019   Fira Nursyabani
BNNK Sukabumi memeriksa urine ratusan calon kepala desa di Kabupaten Sukabumi pada Kamis (31/10/2019) di Gedung Islamic Center Kabupaten Sukabumi. (ANTARA News/Aditya Rohman)

SUKABUMI, AYOBANDUNG.COM -- Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi melakukan pemeriksaan urine ratusan calon kepala desa yang maju di Pemilikan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sukabumi, Kamis (31/10/2019).

"Pemeriksaan urine calon kades ini untuk mengetahui apakah ada diantara mereka yang mengkonsumsi narkoba maupun obat-obatan terlarang," kata Kepala BNNK Sukabumi AKBP Yus Danial di Sukabumi.

AYO BACA : Hilang Selama Sepekan, Nelayan Sukabumi Tewas di Perairan Tasik

Selama pemeriksaan urine tersebut seluruh calon kades mendapatkan pengawasan ketat dari petugas gabungan dari BNNK Sukabumi, Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi antisipasi adanya kecurangan yang dilakukan oknum calon kades.

Petugas BNNK memperingati secara tegas kepada calon kades ini agar jangan mencoba menukar atau mencampur urinenya karena bisa ketahuan dan yang bersangkutan akan dipanggil kembali untuk melakukan tes urine ulang.

AYO BACA : Buang Mayat di Tol Bocimi, Pelaku Pembunuhan Dibekuk di Bandung

Pemeriksaan ini dilakukan selama dua hari dari Kamis (31/10/2019) dan Jumat (1/11/2019). Pada Kamis ini jumlah calon kades yang melakukan tes urine sebanyak 545 orang yang dibagi di dua lokasi yakni Gedung Islamic Centre di Kecamatan Cisaat dan kantor Bappeda Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu.

Sementara sisanya sebanyak 477 calon kades akan melaksanakan tes urine pada Jumat sehingga, jumlah calon kades yang menjalani pemeriksaan urine sebanyak 1.022 orang.

"Tahapan ini pun wajib dilaksanakan oleh setiap calon kades yang maju pada pilkades di Kabupaten Sukabumi dan hasil pemeriksaan ini akan diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang calon Kades Cipurut Dasep mengatakan sangat setuju dengan adanya pemeriksaan urine ini. Menurutnya, setiap pemimpin harus benar-benar terbebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. 

AYO BACA : Sukabumi Digoyang Gempa Magnitudo 3,7 Sabtu Petang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE