Yamaha

Soal Perppu KPK, Mahfud MD: Tinggal Tunggu Keputusan Presiden

  Selasa, 29 Oktober 2019
Presiden Jokowi. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan, penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK) hanya tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

Menurut Mahfud, sikap dan pandangannya serta masyarakat sudah disampaikan kepada Presiden sejak sebelum ia menjadi menteri.

"Semua sikap saya, pandangan saya soal Perppu KPK itu dan pandangan masyarakat sudah disampaikan ke Presiden semua," ungkap Mahfud di Jakarta, Senin (29/10/2019).

AYO BACA : UU KPK Berlaku, Pengamat: Jokowi Bisa Terbitkan Perppu Kapan Saja

Mahfud menjelaskan, dengan sudah diberikannya masukan-masukan tersebut, kini hanya tinggal menunggu keputusan Presiden saja.

Masukan-masukan itu, kata Mahfud, sudah diolah untuk kemudian diputuskan akan diterbitkan atau tidaknya Perppu KPK.

"Jadi, sekarang kita tinggal menunggu Presiden bagaimana. Sudah diolah," katanya.

AYO BACA : BEM SI Wilayah Jabar Tuntut Presiden Keluarkan Perppu UU KPK

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo memandang wacana penerbitan Perppu KPK tetap relevan saat ini. Khususnya usai Jokowi tuntas membentuk Kabinet Indonesia Maju.

"Karena pada dasarnya, tanpa antikorupsi maka capaian pembangunan akan meleset. Karena digerus perilaku koruptif pejabatnya," katanya dikutip dari Republika.co.id, Senin (28/10/2019).

Adnan merasa penguatan KPK wajar agar lembaga antirasuah itu dapat menjadi mitra pemerintah. Posisi KPK dengan UU KPK sekarang, menurutnya malah melemahkan KPK.

"KPK harus kuat, kalau situasi seperti UU (KPK) sekarang maka bukan mitra tapi di bawah Presiden. Posisi ini bahaya. Mestinya tak terjadi," ujarnya.

AYO BACA : ICW: Presiden Jokowi Jangan Gentar Terbitkan Perppu KPK

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar