Yamaha

Pengajuan Bantuan Ditolak Pemprov, Revitalisasi Stadion Sangkuriang Gagal

  Senin, 28 Oktober 2019   Tri Junari
Stadion Sangkuriang. (istimewa)

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Cimahi gagal melakukan revitalisasi Stadion Sangkuriang tahun 2019 karena pengajuan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ditolak. Kebutuhan anggaran untuk revitalisasi ini diprediksi mencapai Rp300 miliar. 

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengatakan, pihaknya sudah mencari bantuan dana kepada pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tetapi ditolak. 

"Kesulitannya tidak mudah meminta bantuan. Upaya sudah, minggu kemarin sudah ke Kemenpora sudah. Kelihatannya agak sulit mendapatkan bantuan itu," kata Budi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (28/10/2019).

Khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sebelumnya Pemkot Cimahi mengajukan bantuan Rp 100 miliar untuk merevitalisasi total stadion yang terletak di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi itu.

"Belum ada kepastian yang Rp 100 miliar itu.
Pak Wali bilang hilang atau gimana, provinsi juga banyak kebutuhannya. Sedang dicoba diperjuangkan," kata Budi.

Dengan tidak cairnya bantuan tahun ini, Budi mengaku belum menemukan solusi yang pasti untuk revitalisasi Stadion Sangkuriang. Pihaknya akan membicarakannya dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi.

"Kami sedang mencari solusi yang lain untuk membangun Stadion Sangkuriang ini. Apakah pakai APBD secara bertahap," ucap Budi.

Sebelumnya, Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna-Ngatiyana menargetkan Stadion Sangkuriang dimulai tahun ini. Persiapan pun sudah dimulai sejak tahun 2017 dengan membuat Feasibility Study (FS) senilai Rp139.452.500.

Kemudian tahun 2018 dilanjutkan dengan membuat kajian teknis berupa masterplan dan Detail Engineering Design (DED) senilai Rp1.993.200.000. 

"Ya, mudah-mudahan ada sumber yang lain," tandas Budi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar