Yamaha

Ini Syarat Jumlah Suara Paslon Perorangan Bupati Bandung

  Minggu, 27 Oktober 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (M. Irfan Abiyyudistira/ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung telah menetapkan besaran dukungan bakal pasangan calon (paslon) Bupati yang akan bertarung dalam Pilbup 2020.

Komisioner KPU Kabupaten Bandung Siti Holisoh mengatakan dukungan merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi bakal paslon bupati.

KPU Kabupaten Bandung telah menetapkan syarat minimal dukungan bagi bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Bandung periode 2021-2026.

AYO BACA : Istri Aher Dipertimbangkan Jadi Calon Bupati Bandung

"Untuk dukungan bakal paslon perseorangan, minimal mendapat dukungan 153.443 masyarakat," tutur Siti, Minggu (27/10/2019).

Jumlah tersebut harus dibuktikan dengan dokumen berupa fotokopi KTP. Selain itu, dukungan juga harus tersebar paling sedikit di 16 Kecamatan.

Sementara syarat dukungan minimal dari usungan Partai Politik, terbagi dalam dua pola.

AYO BACA : NasDem Incar Kursi Wakil Bupati Bandung

"Pertama, paling tidam mendapat usungan dari satu partai politik atau koalisi dengan kursi di DPRD minimal 20% atau 11 kursi DPRD," katanya.

Pola kedua adalah dihitung berdasarkan perolehan suara partai politik atau gabungan partai politik.

"Untuk yang menggunakan perolehan suara di DPRD, paling sedikit partai politik atau gabungan partai politik bisa mengusung bakal pasangan calon jika memiliki 25% suara dari akumulasi perolehan suara sah pemilu anggota DPRD Kabupaten Bandung," imbuhnya.

Jika dikonversi menjadi angka, 25% dari perolehan suara sah pemilu anggota DPRD Kabupaten Bandung 2019 adalah 477.980 suara.

AYO BACA : Sahrul Gunawan Ikut Penjaringan Cabup Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar