Yamaha

Jelang Musim Hujan, Polda Jabar Siagakan Satgas Kebencanaan

  Kamis, 24 Oktober 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi -- Wilayah rawan bencana di kawasan Bandung utara. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah pihak mulai mengantisipasi potensi bencana pada musim penghujan. Salah satunya Polda Jawa Barat yang menyiagakan Satgas Kebencanaan. 

"Polda Jawa Barat memiliki satuan, baik itu Sabhara dan juga dari Brimob. Nantinya bergabung BPBD untuk mengantisipasi bencana alam," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (24/10/2019).

AYO BACA : Tangkuban Parahu Dinyatakan Aman untuk Wisatawan

Truno mengatakan setiap memasuki musim penghujan, wilayah Jawa Barat kerap terjadi bencana alam. Hal tersebut diketahui setelah berkaca pada tahun-tahun sebelumnya. 

Bencana alam yang sering terjadi, kata dia, berupa banjir dan tanah longsor lantaran kondisi geografis Jawa Barat yang tidak rata.

AYO BACA : Penanganan Bencana di Indonesia Butuh Multilateralisme

"Kerawanan bencana di Jawa Barat tanah longsor dan juga banjir karena letak geografisnya. Ini tentunya menjadi perhatian bersama," kata Truno.

Dia menambahkan terkait dengan kelengkapan peralatan dan kesiapan personel, seluruhnya sudah disiagakan. Dalam pelaksanaannya mereka akan bergabung dengan unsur terkait, di antaranya TNI dan BPBD.

"Perlengkapan dan peralatan Sabhara serta personel dan kompetensinya sudah siap, dan sudah di bentuk satuan unit kerja," ungkapnya.

AYO BACA : BNPB Kumpulkan Data Sejarah Kebencanaan Indonesia di Belanda

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar