Yamaha NMax

4 Gejala Haid Tak Lancar

  Rabu, 23 Oktober 2019   Suara.com
ilustrasi haid. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bagi perempuan menstruasi adalah hal alami. Namun rutinitas bulanan itu perlu dicermati, terlebih bila siklusnya tak normal.

Mengutip Times of India, seperti yang diberitakan Suara.com, Rabu (23/10/2019), terlambat menstruasi bisa jadi alarm penting bagi perempuan. Berikut 4 gejala yang mungkin dialami saat datang bulan tidak lancar.

1. Stres

Diakui para peneliti stres adalah sumber dari segala penyakit, salah satunya mengacaukan siklus hormon dan memengaruhi antara dua siklus menstruasi.

AYO BACA : Putri Marino Raih Tubuh Ideal Berkat Zumba

Kalau perubahan hormon terjadi maka ia akan memengaruhi otak tak bertanggung jawab untuk mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus. Tak hanya itu, stres juga memicu kenaikan berat badan atau penurunan berat badan.

2. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah gangguan hormon pada perempuan di usia subur. Perempuan dengan PCOS memiliki folikel tambahan, yang membuat proses kedatangan mesntruasi lebih lama dari biasanya. Karena tidak ada sel telur yang dilepaskan, berarti tidak ada menstruasi. Beberapa gejala PCOS lainnya termasuk peningkatan kadar testosteron dan kenaikan berat badan.

3. Berat Badan Kurang Ideal

AYO BACA : 4 Restoran Sehat dan Ramah Vegetarian di Bandung

Wanita dengan gangguan pola makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur. Jika beratmu kurang 10% dari berat ideal, maka akan terjadi perubahan fungsi tubuh dan periode ovulasi.

Menambah berat badan atau mengembalikan berat badan menjadi normal dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi. Tak hanya itu olahraga ekstrem juga dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar. Walau begitu hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

4. Diabetes atau Tiroid

Diabetes dan tiroid dapat dikaitkan dengan menstruasi yang kurang lancar. Tiroid dapat membuat menstruasi tidak beraturan. Bahkan dapat menghentikan menstruasi selama beberapa bulan, itu disebut amenore.

Jadi ada baiknya periksa apa masalah Anda jika tidak mendapat menstruasi. Mungkin masalah di atas sedang menimpa Anda.

AYO BACA : 5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Kesehatan Jantung

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar