Yamaha

13 Pekerja Proyek Diperiksa Terkait Ledakan Pipa Pertamina

  Rabu, 23 Oktober 2019   Fira Nursyabani
Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman ketika api membakar pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Polsek Cimahi Selatan memeriksa sejumlah karyawan proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) terkait ledakan yang diduga terjadi akibat kerusakan pipa minyak milik Pertamina. Ledakan yang menyebabkan kebakaran itu terjadi di Kilometer 129 Tol Purbaleunyi, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Kapolsek Cimahi Selatan AKP Sutarman mengatakan bahwa pemeriksaan dilakukan pada 13 pekerja proyek yang terdiri atas 10 warga Indonesia dan tiga warga negara asing (WNA)

AYO BACA : Polda Jabar Gandeng Puslabfor Mabes Polri Selidiki Ledakan Pipa Pertamina

"Tiga orang (WNA) itu satu di antaranya meninggal dunia, sebagai operator dari alat berat crane ini. Sedangkan yang lainnya selamat," kata Sutarman di Cimahi, Rabu (23/10/2019).

Para pekerja proyek kereta cepat tersebut, menurut dia, menyaksikan dari dekat kebakaran itu karenanya polisi berusaha mendapatkan keterangan dari mereka. Pada saat kejadian, ia menuturkan, pekerja proyek berlarian menyelamatkan diri setelah mendengar dua ledakan yang mengawali kebakaran pipa minyak di Cimahi yang berlangsung sekitar tiga jam.

AYO BACA : Kebakaran Pipa, Pertamina: Pasokan BBM di Bandung Aman

"Mereka berlarian menyelamatkan diri masing-masing, tidak ada yang luka. Selain yang meninggal, sisanya selamat," katanya.

Hingga Rabu (23/10/2019), aparat kepolisian dan Pertamina masih berupaya melakukan sterilisasi lokasi kejadian kebakaran dan menyisir area yang diduga masih mengandung minyak yang mudah terbakar.

Kebakaran pipa minyak yang terjadi Selasa (22/10/2019) sejak pukul 14.00 WIB di lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menyebabkan seorang warga negara asing bernama Li Xuangfeng yang bekerja sebagai operator alat berat.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menduga petugas yang tewas saat mengoperasikan alat berat menancapkan benda keras yang mengenai pipa minyak milik Pertamina dan menimbulkan kebakaran.

AYO BACA : Warga Negara Cina Jadi Korban Tewas Ledakan Pipa Pertamina

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE