Yamaha

Tangkuban Parahu Reda, Pengelola Wisata Bebenah

  Senin, 21 Oktober 2019   Tri Junari
Gunung Tangkuban Parahu. (Kavin Faza/Ayobandung.com)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COMĀ -- Penurunan erupsi Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu dari Waspada menjadi Normal disambut baik pengelola Taman Wisata Alam (TWA) dan ribuan pedagang di kawasan tersebut.

Mereka mulai melakukan pembenahan membersihkan material abu erupsi dan siap menerima kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Direktur PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), Putra Kaban, selaku pengelola Gunung Tangkubanparahu, memastikan aktivitas di gunung tersebut saat ini sudah normal seperti biasanya.

AYO BACA : Tangkuban Parahu Dinyatakan Aman untuk Wisatawan

Dia mengatakan, kondisi di sekitar Kawah Ratu yang sebelumnya mengalami erupsi saat ini para pedagang sudah mulai berbenah dan ada juga sejumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Hal itu setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Tangkubanparahu dari Level II (Waspada) menjadi Level I (Normal), sehingga tempat wisata itu sudah dibuka untuk umum.

"Tadi dibuka pada pukul 09.00 karena diatas juga saya pastikan sudah aman, pedagang sudah mulai ada yang berbenah dan ada beberapa wisatawan yang berkunjung," ujarnya saat ditemui di Gunung Tangkubanparahu, Senin (21/10/2019).

AYO BACA : Status Tangkuban Parahu Akhirnya Turun ke Level 1

Sebelum membuka tempat wisata itu, pihaknya juga sudah melalukan berbagai persiapan, seperti membersihkan lokasi dari abu vulkanik, memasang jalur evakuasi dan sudah melengkapi semua standar operasional prosedur (SOP) keselamatan.

"Karena semua itu untuk keselamatan pengunjung, makanya saya harus mengikuti semua rekomendasi," katanya.

Sebelumnya, Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan, penurunan status tersebut karena aktivitas vulkanik dari sisi visual maupun instrumen kondisinya sudah menurun secara stabil sejak beberapa hari terakhir, sehingga statusnya diturunkan sejak pukul 09.00 WIB.

"Dengan perubahan status itu, masyarakat dapat menikmati kembali Gunung Tangkubanparahu tetapi tidak diperkenankan untuk mendekati bibir kawah apalagi masuk ke dalam kawah aktif," katanya.

AYO BACA : Status Tangkuban Parahu Normal, Kunjungan Wisatawan Sudah Dibuka

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar