Yamaha NMax

Sukses Terapkan False Nine, Ini Komentar Pelatih Persib

  Senin, 21 Oktober 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts akhirnya membeberkan peran anak asuhnya saat berhasil meraih kemenangan dari Persebaya Surabaya. Diketahui skuat Maung Bandung berhasil membungkam Bajul Ijo dengan skor 4-1 dalam laga pekan ke-23 Liga 1 2019, Jumat (18/10/2019).

Dalam laga yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali itu beberapa penggawa Pangeran Biru dianggap banyak berkontribusi atas kemenangan yang diraih. Mereka  di antaranya Kevin van Kippersluis, Esteban Vizcarra, dan Febri Hariyadi. Ketiganya dinilai berhasil menjalankan peranya di lini penyerangan secara impresif dan disiplin.

"Esteban dan Kevin adalah striker non murni. Tapi Esteban sangat mobile dan taktikal, Kevin lebih banyak memanfaatkan ruang di belakang. Kombinasi keduanya ini karena kita tidak bisa menurunkan Ezechiel yang belum siap saat menghadapi Persebaya," ungkap Robert usai sesi latihan, Senin (21/10/2019).

AYO BACA : Persib Pesta Gol 4-1 saat Jamu Persebaya

Sedianya, di lini penyerangan Persib memang tidak hanya diisi ketiga pemain tersebut. Persib masih memiliki bomber andalan asal Chad yakni Ezechiel NDouassel di bangku cadangan. Namun, Robert memilih untuk tidak menurunkan Ezechiel lantaran kondisi fisiknya.

Diketahui, striker andalan Maung Bandung itu hanya diturunkan setengah babak saat Persib mengalahkan Persebaya. Keputusan tersebut dibuat lantaran striker bernomor punggung 10 itu baru saja tiba di Indonesia sehari sebelum laga usai membela Timnas Chad di Kualifikasi Piala Afrika 2021. 

Karenanya, sejak awal laga Robert menggunakan skema false nine tanpa Ezechiel di lini penyerangan kala itu. Skema false nine sendiri merupakan strategi yang dengan mengandalkan tiga juru gedor di dalam tim.

AYO BACA : Mental dan Fokus Jadi Penentu Utama Kemenangan Persib Atas Persebaya

"(Pakai False Nine) saya pikir lawan Persebaya kemarin adalah hal yang berbeda, karena Persebaya tidak bermain dengan full team," lanjutnya.

Sementara itu, salam agenda terdekatnya, Persib Bandung akan bertandang ke markas Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Dalam laga pekan ke-24 itu kemungkinan Robert akan menggunakan strategi serupa untuk menghadapi The Guardian. Namun di sisi lain, dirinya mengaku enggan terpatok dengan sejauh mana kekuatan maupun kelemahan tim lawan. 

Robert mengaku lebih menantikan Persib bisa tampil percaya diri dan garang menghadapi tuan rumah, Bhayangkara FC. Apalagi di laga sebelumnya, Supardi cs berhasil mengantongi bekal positif berupa kemenangan saat menumbangkan Diogo Campos cs.

"Tentu kita nantikan hasil yang serupa, tapi bukan berarti kita fokus pada tim lawan siapa yang mainan tidak. Kemenangan kemarin seperti untuk mempengaruhi permainan berikutnya. Dan Esteban adalah salah satu pemain yang kuat di taktikal dan kemarin kita kehilangan banyak peluang dari 1vs 1 sehingga kita harus benahi itu," ujarnya.

AYO BACA : Cetak 2 Gol Kontra Persebaya, Pelatih Persib Puji Febri Haryadi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar