Yamaha

Bupati Bandung Berharap Pilkades Berjalan Sukses Tanpa Ekses

  Minggu, 20 Oktober 2019   Mildan Abdalloh
Bupati Bandung Dadang M Naser. (Dok. Humas Pemkab Bandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bandung Dadang M. Naser berharap gelaran Pilkades Serentak 2019 bisa berjalan dengan sukses tanpa ekses. Dadang mengatakan pemilihan kepala desa merupakan contoh demokrasi yang bisa disebut tertua di Indonesia.

"Pemilihan presiden, gubernur dan bupati/wali kota sebelumnya tidak dipilih langsung oleh rakyat. Namun kades sejak dulu dipilih oleh rakyat. Jadi saya harap pilkades serentak bisa berjalan sukses tanpa ekses," tutur Dadang, Minggu (20/10/2019).

Dadang menegaskan bahwa desa sebenarnya bukan satuan pemerintahan terkecil di negeri ini. Tetapi desa justru merupakan satuan ketatanegaraan terdepan di Republik Indonesia.

Di Kabupaten Bandung, kata Dadang, desa sudah membuktikan peran besarnya terhadap kemajuan pembangunan dan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bandung yaitu maju, mandiri, dan berdaya saing. 

Kolaborasi desa dengan Pemkab Bandung secara Sabilulungan, kata dia, saat ini membuat Kabupaten Bandung tak lagi memiliki desa dengan status tertinggal, apalagi sangat tertinggal.

Dadang pun mengapresiasi pemerintahan presiden Joko Widodo yang telah menjadikan desa sebagai pilar pembangunan paling depan dengan dukungan anggaran yang besar. Namun ia menyayangkan dukungan serupa belum ditunjukkan oleh Pemprov Jawa Barat.

"Sekarang bantuan dari Pemprov untuk desa baru sekitar Rp 100 juta per desa. Padahal Pemprov Jabar memiliki anggaran sampai Rp 46 triliun, jadi seharusnya minimal bisa mengalokasikan sampai Rp 1 miliar per desa," tutur dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar