Yamaha Lexi

Dorong Kualitas Film, ISBI Bandung Gelar Festival Film Budaya Nusantara

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Faqih Rohman Syafei
Institut Seni Budaya Indonesia Bandung menggelar Festival Film Budaya Nusantara. Festival ini berlangsung selama tiga hari dari 17-19 Oktober 2019 di Gedung Kesenian Sunan Ambu, ISBI Bandung Jalan Buah Batu, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Faqih Rohman)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Institut Seni Budaya Indonesia Bandung menggelar Festival Film Budaya Nusantara. Festival ini berlangsung selama tiga hari dari 17-19 Oktober 2019 di Gedung Kesenian Sunan Ambu, ISBI Bandung Jalan Buah Batu, Kota Bandung.

Rektor ISBI Bandung Een Herdiani mengatakan, Festival Film Budaya Nusantara tahun ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan ISBI Bandung.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung dan Pusat Pengembangan Film (Pusbang Film) Kemendikbud RI. 

"Festival Film Budaya Nusantara pertama kali dirilis tahun 2018 dan didesain sebagai program unggulan tahunan Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung," ujarnya kepada awak media, Sabtu (19/10/2019).

Tujuan diselenggarakannya festival, kata dia, untuk meningkatkan produksi film Indonesia yang berkualitas dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya Nusantara yang dimiliki Indonesia. 

"Ini juga sebagai media apresiasi film Indonesia di kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum, serta sebagai ajang kompetisi untuk meningkatkan mutu film Indonesia," katanya.

Een mengharapkan dengan adanya festival ini, menjadi wadah bagi para sineas, akademisi, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk mengembangkan kreativitas dalam berkarya serta berkontribusi dalam menggali potensi budaya daerah.

"Di kemudian hari, potensi seni dan budaya daerah yang terekan dalam bentuk audio visual ini dapat menjadi aset berharga Nusantara dan diapresiasi oleh masyarakat luas," terangnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Film Budaya Nusantara, R Y. Adam Panji Purnama mengatakan, para peserta sangat antusias mengikuti festival ini, tercatat lebih dari 100 judul film bertema budaya meramaikannya. 

"Sejak informasi penyelenggaraan festival didistribusikan sudah terlihat antusiasme dari para peserta. Mereka banyak mengirimkan filmnya dalam ajang tahunan ini," katanya. 

Dalam pelaksanaannya, festival ini dikemas dalam berbagai kegiatan, di antaranya kelas sinema, film sapa festival, pemutaran layar tancap, dan awarding. Melalui kegiatan ini, dia berharap semoga Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung turut berkontribusi terhadap program pewarisan budaya dan pelestarian buday bangsa.

"Awarding akan dilakukan pada malam ini pukul 19.00 WIB, dan akan menampilkan sejumlah seni pertunjukan dan kreativitas seni dari ISBI Bandung dan bintang tamu," ujarnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar