Yamaha

200 Karung Sampah Diangkat dari Sungai Ciliwung Bogor

  Kamis, 17 Oktober 2019   Husnul Khatimah
200 Karung Sampah Diangkat dari Jembatan Situ Duit Sungai Ciliwung. (ayobogor.com/Husnul)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 200 karung sampah di sekitar Jembatan Situ Duit diangkat oleh tim gabungan dari Satgas Ciliwung, BPBD Kota Bogor, Satpol-PP, Tagana dan sejumlah relawan lainnya, Kamis (17/10/2019).

Anggota Satgas Ciliwung Soparno Jumar mengatakan, sampah yang diangkat oleh tim merupakan sampah-sampah yang nyangkut di lorong jembatan.

AYO BACA : Bima Arya Bicara Soal Perkembangan Smart City di Bangkok

"Sampai saat ini, sudah 200 karung lebih yang telah diangkut, dan tim masih terus bekerja, ini sampah yang nyangkut di kontruksi besi jembatan," kata Soparno.

Dia mengatakan bersih-bersih sampah ini dilakukan sebab wilayah Bogor sudah mulai memasuki musim penghujan. Sampah-sampah dibersihkan untuk meminimalisir terjadinya banjir karena aliran sungai yang tersumbat.

AYO BACA : Kunjungan Meningkat, Jam Operasional Mal Pelayanan Publik Kota Bogor Diperpanjang

Jembatan Situ Duit menjadi titik fokus bersih-bersih karena memang lokasi tersebut kerap dipenuhi tumpukan sampah di aliran Sungai Ciliwung.

"Sampahnya luar biasa banyak, kayunya saja ukurannya ada yang sebesar orang dewasa, 3 meter, 4 meter dan ada pula sampah bambu, luar biasa banyak, mungkin ada sekitar 300-400 karung," kata Soparno.

Dia berharap kegiatan bersih-bersih ini juga dapat menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

"Mudah-mudahan, masyarakat yang tinggal dibantaran sungai tidak buang sampah ke aliran sungai, tidak hanya di Ciliwung yang lain juga gitu, ini juga bentuk mitigasi bencana karena hujan sudah mulai datang," katanya.

AYO BACA : Polisi Petakan Daerah Rawan Konflik Jelang Pilkades Bogor

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar