Yamaha

Pembenahan Pesantren Jadi Upaya Tekan Radikalisme

  Kamis, 17 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Musyawarah MUI Tasik. (ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM--Ketua MUI Kabupaten Tasikmalaya masa khidmat 2019-2024 KH. Ii Abdul Basith mengatakan, pembenahan di lembaga pendidikan islam dan pesantren menjadi kunci utama dalam mengikis menyebarkan faham-faham radikalisme yang bertujuang merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pembenahan pondok pesantren itu, bukan hanya sebatas pada pembangunannya saja tetapi juga pada metode pembelajaran dan pemahaman yang benar kepada pada ullama yang ada di pesantren.

AYO BACA : Video Mesum Diduga Pelajar Tasik Tersebar, KPAID Turun Tangan

“Dan berupaya supaya presantren diminati oleh anak-anak, kita sedikit-sedikit akan berhasil InsyaAlloh, “ papar KH. Ii seusai pelantikan pengurus MUI Kabupaten Tasikmalaya, masa khidmat 2019-2024  di kantor MUI, Kamis (17/10/2019).

KH. Ii menilai, meluasnya faham-faham yang diluar ahlussunnah wal jamaah ditengah masyarakat saat ini karena ketidak fahaman masyarakat tentang ajaran islam. Makanya pesan pesantren hadir lebih dioptimalkan karena dimungkinkan sebagai tempat untuk mengikis sedikit demi sedikit penyebaran faham yang tidak benar.

AYO BACA : Polisi Dalami Video Asusila Pelajar Berseragam Pramuka di Tasik

“Jadi pesantren sangat punya potensi untuk mengikis aliran itu. “ tambahnya singkat.

Pimpinan pondok pesantren Sukahideung ini menambahkan, aliran-aliran yang hadir dimasyarakat saat ini itu merupakan aliran dari luar yang timbul dari dampak globalisasi. Aliran itu, tidak tumbuh subur di Indoensia melainkan di luar negeri. Secara kebetulan juga aliran itu mendapatkan tempat dihati orang Indonesia yang sedang dipenuhi oleh ambisi dan kebencian karena factor politik.

“kami di MUI melihat segala sesuatu itu dilihat dari akarnya, jadi kita mengobati akarnya. Misalnya teroris, kita tidak bias menghadapi teroris tapi yang kita hadapi adalah terorismenya atau fahamnya, “ pungkas KH. Ii.

AYO BACA : Dishub Tasikmalaya Akui Sulit Tertibkan Truk Pasir Tonase Besar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar