Yamaha Mio S

Cegah Crosshijaber, MUI Minta Pengelola Masjid Waspada

  Rabu, 16 Oktober 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi crosshijaber. (republika)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Fenomena pria berhijab atau crosshijaber menghebohkan jagat dunia maya. Bahkan dalam unggahan sebuah akun instagram crosshijaber berani memasuki fasilitas publik atau area khusus wanita.

Menanggapi fenomena tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyorotinya dan meminta kepada pengurus mesjid lebih waspada agar tidak terkecoh oleh crosshijaber.

AYO BACA : Geger Crosshijaber, Ini Tanggapan Wakil Wali Kota Bandung

"Ini fenomena yang patut dicurigai, karena itu pengurus masjid, terutama penyelenggara kegiatan harus waspada," ujar Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, Rafani Akhyar, Rabu (16/10/2019).

Selain lebih waspada, kata dia jika menemukan crosshijaber bila perlu diberikan tindakan tegas sebagai efek jera. Kemudian telusuri apa motif pria tersebut memakai pakaian wanita. 

AYO BACA : Psikolog Jelaskan Fenomena Laki-laki Berhijab Atau Crosshijaber

"Kalau bisa ditangkap dulu, ditangkap kemudian supaya diketahui kalau perlu dibuka itu hijabnya. Supaya benar-benar ketahuan dan telusuri apa motivasinya," katanya. 

Rafani menilai fenomena tersebut tergolong tindakan yang menyimpang, bahkan dalam agama Islam terdapat larangannya. Patut dicurigai apakah ada niat terselubung dari pelakunya. 

"Islam sudah jelas perempuan pakai pakaian laki-laki gak boleh dan sebagainya, ini motivasinya apa jangan-jangan punya motivasi kejahatan kriminal," terangnya. 

Dia menambahkan fenomena crosshijaber merupakan hal yang baru diketahuinya. Diakuinya belakangan mulai bermunculan fenomena-fenomena yang aneh di masyarakat.

"Fenomena ini memang baru saya tahu. Minggu-minggu kemarin kami sibuk dengan fenomena kelompok anti kemapanan atau orang yang tidak mau diatur secara hukum. Saya juga sering merenung dengan fenomena-fenomena aneh ini," pungkasnya.

AYO BACA : Psikolog: Crosshijabers Belum Tentu Alami Penyimpangan Seksual

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar