Yamaha Mio S

Macet, Sejumlah Fly Over Akan Dibangun di Bandung Hingga 2022

  Rabu, 16 Oktober 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi pembangunan fly over di Kota Bandung. (Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pembangunan sejumlah jembatan layang atau fly over baru di beberapa ruas jalan Kota Bandung akan terus berlanjut. Beberapa di antaranya akan dimulai pada 2021, sebagian lainnya pada 2022.

Hal tersebut melengkapi pembangunan dua fly over yang tengah dilakukan untuk menghubungkan dua titik ruas jalan, yakni Jalan Jakarta-Supratman dan Jalan Laswi-Gatot Subroto.

AYO BACA : Bila Terus Bangun Fly Over, Pengamat: 5 Tahun Lagi Bandung Kolaps

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kurnia mengatakan, rencana pembangunan sejumlah fly over baru tersebut merupakan bagian dari upaya pengentasan kemacetan kota. Rencana tersebut termaktub dalam proyek Bandung Urban Mobility Project.

"Untuk mengantisipasi kemacetan, Pemkot Bandung sudah memiliki dokumen perencanaan Bandung Urban Mobility Project," ungkapnya ketika ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (14/9/2019).

AYO BACA : Ini Penjelasan BMKG Terkait Rentetan Gempa di Bogor

"Salah satunya termasuk dokumen perencanaan untuk pengembangan jalan raya lewat pembangunan fly over," tambahnya.

Sejumlah proyek fly over pada 2021, dia menyebutkan, meliputi fly over Jalan Soekarno-Hatta hingga Kopo dan fly over Jalan Buahbatu hingga Soekarno-Hatta, serta perempatan Samsat Kiaracondong hingga Soekarno-Hatta.

"Pada 2022 akan dibangun fly over di Gedebage hingga Soekarno-Hatta, juga jalan Djunjunan-Surya Sumantri pada 2021-2022," ungkapnya.

Selain fly over, pada 2022, rencananya Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan Pemprov Jabar dan Kementrian PUPR untuk membuat underpass di sekitaran Jalan Gasibu.

AYO BACA : Pembangunan Fly Over Sebabkan Macet, Polisi Rekayasa Lalin Situasional

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar