Yamaha Mio S

Wahana Antariksa India Tangkap Gambar Bulan Beresolusi Tinggi

  Rabu, 16 Oktober 2019   Suara.com
Ilustrasi bulan. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah wahana antariksa milik India yang mengorbit Bulan, Chandrayaan-2, berhasil mengabadikan Bulan dalam gambar dengan resolusi tertinggi yang pernah dipotret dari orbit di sekitarnya.

Gambar yang diambil pada 5 September tersebut memperlihatkan sebagian Kawah Boguslawsky E yang memiliki lebar 14 kilometer dan dalam 3 kilometer.

Chandrayaan-2 berhasil mengambil gambar tersebut berkat bantuan dari Orbiter High-Resolution Camera (OHRC). Potret tersebut diambil dari ketinggian 100 kilometer dan memiliki resolusi 25 sentimeter, membuat siapapun dapat melihat batu-baru besar dan kawah dari satelit alami Bumi.

47300-bulan
Gambar Bulan dengan resolusi tertinggi.

Gambar dengan resolusi tinggi ini berfungsi untuk memetakan permukaan Bulan dengan lebih detail daripada sebelumnya. Nantinya, detail tersebut akan digunakan untuk membuat peta 3D dari Bulan. Selain itu, wilayah yang difoto oleh Chandrayaan-2 berada di dekat kutub selatan Bulan yang belakangan ini menjadi area paling menarik bagi para ilmuwan karena diduga kaya akan air.

Sebagaimana dilansir laman IFL Science, Chandrayaan-2 sendiri dikembangkan oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India oleh GSLV dan meliputi misi pengorbitan Bulan, pendaratan, dan penjelajahan Bulan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar