Yamaha Mio S

BMKG Sebut Wilayah-wilayah Ini Akan Hujan pada Oktober

  Senin, 14 Oktober 2019   Republika.co.id
Ilustrasi hujan. Sejumlah wilayah akan memasuki musim hujan pada Oktober 2019. (Ayobandung.com/Faqih Rohman Syafei)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Indonesia memasuki musim hujan pada Oktober 2019. Sementara itu, wilayah lain baru akan memasuki musim hujan pada November dan Desember.

AYO BACA : Diguyur Hujan, Jalan di Cimahi Jadi Sungai

"Kalau di daerah Sumatra, bulan Oktober ini sudah masuk musim hujan untuk wilayah-wilayah Sumatra," kata Kasubdit Analisis Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi, Senin (14/10/2019).

AYO BACA : BMKG: Hujan Bukan Berarti Kemarau Berlalu

Ia mengatakan, beberapa daerah di Sumatra sudah terjadi hujan sejak awal Oktober. Sementara itu, BMKG menekankan untuk Palembang di Sumatra Selatan dan Lampung baru akan memasuki musim hujan pada akhir Oktober.

Selain itu, wilayah lain yang telah memasuki musim hujan pada Oktober ini adalah wilayah di Kalimantan. "Kalimantan Oktober ini juga sudah masuk musim hujan," katanya.

Sementara itu, wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, katanya, pada Oktober belum memasuki musim hujan meski telah ada beberapa hari hujan. "Meski ada beberapa hari terjadi hujan, tetapi belum masuk musim hujan," ujarnya.

Wilayah di Pulau Jawa sebagian besar akan memasuki musim hujan pada pertengahan dan akhir November. Sementara itu, wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur akan memasuki musim hujan pada akhir November hingga awal Desember.

AYO BACA : Rp2 Miliar Disiapkan untuk Ganti Rugi Korban “Hujan Batu” Purwakarta

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar