Yamaha Mio S

Mobil Damkar KBB Mogok saat Padamkan Api

  Minggu, 13 Oktober 2019   Tri Junari
Mobil Damkar KBB. (Tri Junari/Ayobandung.com)

SINDANGKERTA, AYOBANDUNG.COM--Satu unit mobil water suply milik Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat (KBB) mogok saat tengah melakukan pemadaman saat bencana kebakaran terjadi Kampung Malaka RT 01 RW 12 Desa/Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (13/10/2019).

Mogoknya mobil pemadam ini akibat kanvas kopling habis disaat mobil dibutuhkan untuk memasok air ke lokasi kejadian. 

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran KBB, Nanan Sunandar menerangkan, mogoknya unit mobil pada kejadian itu merupakan salah satu dari sekian hambatan kinerja damkar KBB.

"Kanvas Kopling habis saat ambil air untuk pendinginan, mobil saat ini diderek dan dititipkan ke rumah warga sekitar lokasi," ungkap Nanan saat dihubungi Ayobandung.com, Minggu (13/10/2019) malam.

AYO BACA : 2 Rumah Terbakar di Sindangkerta, Api Nyaris Melalap SD

Beruntung, kata dia, saat mogok dua unit mobil pancar di lokasi kejadian sudah berhasil memadamkan api yang melalap dua unit rumah di Sindangkerta.

"Api sudah padam, water suply bergerak untuk pendinginan," katanya.

Menurut dia, kejadian mogok ini hanya insiden kecil akibat dari minimnya anggaran yang dimiliki damkar KBB dan luasnya jangkauan pelayanan yang harus dilakukan mobil damkar KBB.

Dari total empat mobil pancar dan satu water suply yang dimiliki Damkar KBB, kata Nanan, kini sudah berusia lanjut bahkan satu unit pancar saat ini turun mesin.

"Peralatan dan mobil yang ada ini sudah tua, sementara jangkauan pelayanan 16 kecamatan, kemudian anggaran operasional dan perawatan juga minim sekali, hanya Rp4juta sebulan," kata Nanan.

AYO BACA : 11 Kios Peyeum di Citatah Ludes Dilalap Api

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar