Yamaha NMax

Cegah Konflik, Kampanye Pilkades Harus Dilakukan Bersama

  Minggu, 13 Oktober 2019   Mildan Abdalloh
Pilkades. (istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 199 Desa di Kabupaten Bandung akan menggelar Pilkades setentak pada 26 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Tata Irawan Sobandi mengatakan, masa kampanye menjadi salah satu perhatian dalam pengamanan Pilkades serentak.

AYO BACA : Partisipasi Masyarakat dalam Pencalonan Kades Meningkat

"Kampanye akan dilakukan selama tiga hari, mulai 20 Oktober sampai 22 Oktober," tutur Tata ketika dihubungi, Minggu (13/10/2019).

Teknis pelaksanaan kampanye Pilkades diserahkan sepenuhnya kepada panitia pemilihan kepala desa (P2KD) masing-masing desa.

AYO BACA : Jelang Pilkades, Kesbangpol Bandung Waspadai Konflik di 43 Desa

Tata berharap agar P2KD bisa melakukan langkah antisipasi terjadinya konflik saat masa kampanye. "Kami berharap afar kampanye dilakukan secara bersama-sama," ujarnya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menggelar kampanye dalam satu ruang bersama. "Teknisnya bisa calon kepala desa memaparkan visi misinya secara bergiliran, sesuai nomor urut misalnya," ujarnya.

Dengan cara seperti itu, diharapkan gesekan dalam kampanye setiap calon bisa diminimalisir. "Untuk tempatnya silahkan atur sendiri, mau di lapangan atau di dalam gedung," tutupnya.

AYO BACA : Pilkades Kabupaten Bandung Rawan Judi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar