Yamaha Mio S

Universitas Widyatama Sabet Silver Award dalam PECIPTA 2019

  Jumat, 11 Oktober 2019   Faqih Rohman Syafei
Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga menunjukkan Silver Award dalam International Conference and Exposition on Inventions by Institutions of Higher Learning (PECIPTA 2019) di Malaysia. (Faqih Rohman SYafei/Ayobandung.com)

CIBEUNYING KIDUL, AYOBANDUNG.COM -- Universitas widyatama menyabet Silver Award dalam International Conference and Exposition on Inventions by Institutions of Higher Learning (PECIPTA 2019) di Malaysia.

Ajang ke-10 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Malaysia bertempat di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia pada 22 - 23 September 2019 lalu.

Rektor Universitas Widyatama, Obsatar Sinaga mengatakan ajang tersebut diikuti sekitar 700 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan industri di Malaysia dan negara tetangga.

"Lebih dari 500 produk penelitian dan inovasi dari lembaga-lembaga pemerintahan serta perguruan tinggi swasta, industri, saling berkompetisi di PECIPTA 2019," ujarnya kepada awak media, Jumat (11/10/2019).

Pada ajang itu, Universitas Widyatama berhasil menyabet Silver Award dengan mengajukan paper tentang "Ezcybercrime Detection and Respone Mobile Apps For Smartphone".

Sambungnya, paper tersebut menyoroti tentang penanganan teroris yang masih menggunakan metode lama seperti penyuluhan ataupun ceramah. Menurutnya hal tersebut sudah tidak efektif di tengah kemajuan inovasi teknologi saat ini.

"Cara penyuluhan atau ceramah tentang bahaya terorisme, bisa diakses melalui smartphone dan mobile dengan algoritma tertentu," katanya.

Obsatar menjelaskan pencegahan dapat dilakukan dengan memanfaatkan smartphone melalui penyebaran pesan singkat. Bahkan, ini pun dapat mendeteksi saluran komunikasi yang terindikasi muatan terorisme.

"Kemudian dapat diselidiki dan di beri konten penyuluhan atau bimbingan langsung," terangnya.

Dia menambahkan ajang ini bertujuan untuk meningkatkan jejaring dan kolaborasi peserta, industri, dan insitusi dalam kaitan mengeksplorasi, berimprovisasi, dan memastikan teknologi yang dikembangkan dapat diaplikasikan dalam dunia industri dan masyarakat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar