Yamaha

Ribuan Pelamar Antusias Ikuti Karir Expo Bandung 2019

  Rabu, 09 Oktober 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Sejumlah pelamar mengisi formulir lowongan pekerjaan di stand perusahaan swasta, di Karir Expo Bandung 2019, Rabu (9/10/2019). (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Setiap tahun banyak lulusan mulai dari jenjang SMA, SMK, S1, dan S2 hingga seterusnya berbondong-bondong ingin mendapatkan pekerjaan usai menamatkan jenjang pendidikan. Karena itu, ajang penempatan kerja pun menjadi satu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan idaman di suatu perusahaan.

Hal ini tampak terlihat dalam even Karir Expo Bandung di Landmark Convention Hall, Jalan Braga, Kota Bandung, Rabu-Kamis (9-10/10/2019). Koordinator Event Karir Expo Bandung, Darmawan menyampaikan, untuk event Karir Expo Bandung kali ini sekitar 26 perusahaan nasional dan multinasional menyediakan ratusan lowongan diberbagai posisi. 

AYO BACA : Kominfo Luncurkan Platform Bursa Kerja Simonas

"Kalau untuk lowongan yang disediakan sampai ratusan. Jadi setiap perusahaan ada puluhan membuka lowongan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Tapi untuk persentase daya serap lowongannya beda-beda di setiap perusahaan tergantung jumlah kandidat yang melamar dan kualifikasi para pelamar sendiri," ungkap Darmawan saat ditemui ayobandung.com, Rabu (9/10/2019).

Darmawan juga menyampaikan, agenda di Oktober ini merupakan event ketiga yang digelat pihaknya untuk even pencarian kerja di kota Kembang. Namun Darmawan mengakui, antusisme para pencari kerja di Kota Bandung ini cukup tinggi. Terbukti, pada gelaran kedua sekitar 5.000-6.200 pencari kerja saling uji peruntungan di event pencarian kerja tersebut.

AYO BACA : Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Bandung Gelar Pameran Bursa Kerja

Bukan hanya itu, selama pantauan Ayobandung.com di lokasi, para pencari pekerjaa memang tampak antusias membawa berbagai berkas lamaran yang dibungkus map berwarna coklat. Mereka bergegas mengajukan berbagai portofolio ke setiap perusahaan yang diminati untuk mendapatkan panggilan pekerjaan. Bahkan para kandidat pelamar kerja yang berasal dari beragam jenjang pendidikan ini antusias menyambangi setiap stand perusahaan-perusahaan dalam Karir Expo Bandung kali ini.

"Kalau di Bandung berdasarkan dari survei event terakhir yaitu yang kedua, data pelamat mencapai di angka 5.000-6.200-an pencari kerja. Angka itu selama full dua hari acara. Jadi rerata sehari bisa sekitar 3.000 pencari kerja. Untuk data sekarang kita belum hitung totalnya karena kita lihatnya dari data di hari terakhir yang masuk," lanjut Darmawan.

Sementara itu, Darmawan menyampaikan, untuk event pencarian kerja ini selalu terdapat peningkatan dari even ke even. Semisal data di event terakhir tercatat 50% peningkatan angka pencari kerja yang datang. Adapun berbicara persentase karegori pelamar kerja didominasi 60% lulusan baru.

"Kebanyakan juga fresh graduate karena kita ketika bikin jadwal kita lihat kampus mana di salah satu kota yang sudah mengadakan kegiatan wisuda. Jadi gak jauh dari situ, pertimbangannya itu sih. Paling kalau yang pelamar berpengalaman sekitar 30%. Jadi masih tetap didominasi lulusan baru," ujarnya.

AYO BACA : Catat! Lakukan Tiga Persiapan Ini Untuk Mengikuti Bursa Kerja

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar