Yamaha Aerox

12 Hal yang Patut Diperhatikan dalam Memilih Pasangan Hidup

  Rabu, 09 Oktober 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (Unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menemukan cinta dan pasangan hidup seringkali bukan perkara mudah. Sekalipun Anda tengah berada dalam hubungan percintaan, pertanyaan "apakah dia orang yang tepat" tak jarang muncul ke permukaan.

Terapis pernikahan dan keluarga asal Colorado, Amerika Serikat, Karyl McBride mengatakan, apabila Anda memiliki kriteria pasangan tertentu, sebaiknya hal-hal tersebut tidak didasari pada faktor yang superfisial seperti kecantikan atau ketampanan, harta kekayaan, atau jabatan pekerjaan. Namun, mulailah 'mensortir' seseorang dengan pertanyaan yang mengarah pada kemampuan empati, kedewasaan kedua belah pihak, dan sebagainya.

"Gantilah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan hal seperti, 'Apakah dia bisa mengontrol perasaan dan perilakunya?', atau 'Apakah dia benar-benar mencintai kita dengan tulus?' dan sebagainya. Hal ini dapat membantu Anda memperbaiki cara dalam memilih pasangan," ungkap Karyl sebagaimana dikutip dari Psychology Today, Rabu (9/10/2019).

Selain itu, terapis yang juga telah malang-melintang di dunia terapis keluarga selama 40 tahun tersebut juga menyarankan agar seseorang mempertanyakan setidaknya 12 hal-hal di bawah ini sebelum memutuskan untuk memilih seseorang sebagai pasangan hidup sejatinya :

AYO BACA : 9 Tanda Bahwa Dia Pasangan Hidup Sejatimu

1. Ketika Anda bersama orang ini, apakah mereka baik, berbelas kasih dan bertindak dengan integritas?
2. Apakah orang tersebut berkomitmen dan memiliki kapasitas untuk belajar seumur hidup serta tumbuh bersama Anda?
3. Apakah orang tersebut mampu berempati dan mau diajak bekerjasama sekalipun berada dalam masalah dan rasa sakit?
4. Apakah orang tersebut memiliki gaya, kehidupan, minat, dan hobi mereka sendiri yang terpisah dari dunia Anda?
5. Apakah sebagian besar nilai dan pandangan dunia Anda (filosofi kehidupan) serupa?
6. Apakah Anda berbagi minat yang sama sehingga Anda bisa bermain-main dan menghabiskan waktu luang yang Anda berdua nikmati?
7. Apakah orang tersebut memiliki selera humor yang dilontarkan tanpa mengundang permusuhan? 
8. Apakah orang tersebut ingin menjadi teman terbaik dan belahan jiwa Anda, dan apakah mereka mampu menjadi seperti itu?
9. Apakah orang tersebut berbicara tentang perasaan mereka sendiri dan perasaan Anda, serta mampu berhubungan dengan dunia emosional mereka sendiri?
10. Bisakah orang tersebut menangani ambilavensi, kegagalan dan kelemahan dalam diri Anda, dirinya sendiri serta orang lain dengan luwes?
11. Apakah orang tersebut menambah nilai atau makna dalam kehidupan jiwa dan material Anda?
12. Apakah orang tersebut mampu mengeluarkan sisi terbaik Anda?

"Kriteria dalam mencari pasangan harus dapat menghasilkan hubungan timbal balik dimaa kedua orang yang terlibat saling memberi dan menerima. Anda saling mencintai karena 'siapa Anda', bukan 'apa yang dapat dilakukan satu sama lain'" ungkap Karyl. 

Dengan demikian, dia mengatakan, Anda dapat menjadi diri sendiri sekaligus menemukan daya tarik di banyak tingkatan pada orang tersebut, baik fisik, emosional, intelektual, spiritual, dan kadang-kadang bahkan politik.

"Hal terpenting dalah Anda berdua akan bertanggung jawab atas perasaan dan perilaku masing-masing," jelasnya. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar