Yamaha Aerox

Dugaan Kecurangan Wasit Laga Madura United Vs Persib Diselidiki

  Selasa, 08 Oktober 2019   Republika.co.id
Pesepak bola Madura United (MU) Diego Assis (kiri) berusaha melewati pesepak bola Persib Bandung Ardi Idrus (kanan) dan Esteban Viscarra (ke dua kiri) dalam laga Shopee Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (5/10/2019). MU memenangi pertandingan tersebut dengan skor 2-1. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri/hp)

SURABAYA, AYOBANDUNG.COM—Satgas Antimafia Bola Polda Jawa Timur menyelidiki dugaan kecurangan pada laga Liga 1 2019 yang saat Madura United menjamu Persib Bandung pada Sabtu (5/10/2019). Pertandingan di Stadion Gelora Bangkalan, Madura tersebut, berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Kasatgas Wilayah Jatim Kombes Gideon Arif Setyawan membenarkan adanya penyelidikan terkait dugaan kecurangan tersebut. Gideon menyatakan, pihaknya sedang menyelidiki dugaan adanya keberpihakan wasit terhadap salah satu tim pada pertandingan antara Madura United vs Persib.

AYO BACA : Direktur Persib: Jika Terbukti Bersalah, Wasit Faulur Rosy Harus Disanksi

“Memang terkait maraknya pemberitaan di sosial media mengenai hasil pertandingan sepak bola antara Madura United vs Persib Bandung, maka kami melakukan langkah melakukan penyelidikan terkait informasi keberpihakan wasit,” ujar Gideon, Selasa (8/10/2019).

Gideon menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan tahapan-tahapan dalam upaya pendalaman kasus. Salah satunya dengan mempelajari dan menganalisis kembali rekaman video pertandingan.

AYO BACA : Kalah dari Madura, Manajer Persib Sudah Duga Akan Ada Penalti

"Nanti kami akan mengundang pengamat bola untuk mendapatkan referensi terkait kejadian tersebut," kata dia.

Selain itu, satgas akan melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait. Misalnya dari perwakilan suporter kedua pihak.

"Tujuannya untuk menyerap informasi terkait pertandingan. Kami terus mendalaminya," kata Gideon.

Gideon juga menyampaikan, Satgas Antimafia Bola akan meminta informasi panitia penyelenggara pertandingan, termasuk perangkat pertandingan yang bertugas saat pertandingan.

"Informasi tersebut dibutuhkan untuk mengetahui apakah dugaan keberpihakan wasit benar terjadi," jelasnya.

AYO BACA : Kecewa 'Dikerjai' Wasit, Persib Tak Semakin Terpuruk

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar