Yamaha Aerox

Kenali 6 Ciri-ciri Penjerat Kencan Online

  Selasa, 08 Oktober 2019   Suara.com
Ilustrasi kencan online. (Gerd Altmann/Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Dunia maya kini telah menjadi media untuk hubungan lawan jenis. Hadirnya berbagai platform kencan membuat orang tertarik menemukan pasangan potensial melalui aplikasi. Bahkan, ada yang sampai menjalani hubungan virtual selama bertahun-tahun.

Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa kencan daring memiliki efek negatif, salah satunya catfishing, yaitu tindakan penipuan identitas untuk menjerat seseorang dalam hal apa saja.

Modus catfishing dengan menciptakan hubungan romantis. Mereka mamalsukan identitas atau memakai akun orang lain untuk memancing agar mendapat mangsa. Merangkum dari Boldsky, Selasa (8/10/2019) berikut enam tanda ada unsur catfishing dalam kencan daring.

1. Dia mengatakan sangat cinta

Percikan asmara mungkin saja tercipta dalam kencan daring. Akibatnya, hubungan bisa terjadi begitu cepat dan jauh. Ingat, dia tetap saja orang asing. Kata-kata cinta hanya umpan yang dipakai untuk memancing Anda.

AYO BACA : Gegara Ingin Kencani Pramugari, Pria Ini Sampaikan Ancaman Bom

2. Teman atau followers sedikit

Profil pengguna dapat membantu dalam mengetahui seseorang dalan kencan daring. Jika teman kencan tidak punya atau hanya memiliki sedikit followers, maka itu menunjukkan alarm bahaya. Scammers umumnya menyesuaikan profil mereka sedemikian rupa sehingga terlihat nyata.

3. Foto tampak sempurna

Jika fotonya tampak seperti cover majalah. Segera abaikan orang itu dan secepatnya selamatkan diri. Bisa jadi dia hanya mencuri foto dari internet untuk memikat Anda.

4. Profilnya aneh

AYO BACA : Usai 'Ngamar', Mobil Lansia Ini Dibawa Kabur Teman Kencannya

Salah satu yang mencurigakan adalah mereka memakai nama-nama aneh. Misalnya "your man", "An angel," dan lain-lain.

5. Meminta uang

Anda harus berhati-hati ketika seseorang yang baru saja Anda temui secara daring lalu meminta uang. Meskipun baik untuk membantu orang lain, meminjamkan uang kepada seseorang, Anda belum pernah bertemu langsung dan terlalu bodoh untuk meminjamkan.

6. Susah video call

Berbagi foto mungkin mudah. Namun, tidak dengan video. Coba ajak dia untuk video call, kalau dia menghindar berarti ada sesuatu yang disembunyikan.

Berkenalan lewat daring untuk mendapat teman kencan tentu tidak ada salahnya, asal memperhatikan bagaimana teman kencan Anda, apakah ia melakukan enam ciri di atas, waspadai!

AYO BACA : 5 Ide Kencan Valentine Buat Para Pejuang LDR

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar