Yamaha

Cegah Kebakaran, Pengelola Kawah Putih Imbau Pengunjung Patuhi Aturan

  Selasa, 08 Oktober 2019   Mildan Abdalloh
Petugas dari TNI-Polri, Pemadam Kebakaran, BPBD Kabupaten Bandung, Komunitas Pecinta Alam beserta warga masih berjibaku memadamkan api yang membakar Kawasan Wisata Kawah Putih, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Selasa (7/10/2019). Api yang berasal dari lokasi Sunan Ibu yang berjarak 700-1 km dari kawah menjalar hingga ke Sunan Rama serta petugas mengalami kesulitan saat memadamkan api karena angin yang cukup kencang serta medan yang terjal sehingga pemadaman dilakukan secara manual. (Kavin Faza/Ayoban

RANCABALI, AYOBANDUNG.COM--Penyebab kebakaran hebat di Objek Wisata Alam Kawah Putih diduga berasal dari puntung rokok pengunjung.

"Iya diduga dari puntung rokok, tapi belum dipastikan," tutur GM KBM (Kesatuan Bisnis Mandiri) Wisata Ekotourism Perhutani Unit III Jabar dan Banten, Wismo Tri Kancono, Selasa (8/10/2019).

AYO BACA : 300 Orang Dikerahkan Padamkan Api di Kawah Putih

Pihak pengelola kata Wismo sebenarnya sudah melakukan atisipasi kebakaran yang diakibatkan oleh aktivitas wisata di Kawah Putih.

Antisipasi dilakukan dengan cara memasang rambu-rambu larangan, termasuk larangan untuk tidak membuat sumber api. Salah satunya adalah membuang puntung rokok sembarangan.

AYO BACA : Diskar PB Minta Bantuan BNPB Padamkan Kebakaran di Kawah Putih

"Sejak awal, kami sudah memasang rambu dan imbauan di pengeras suara supaya pengunjung tidak membuat api," ujarnya.

Bahkan imbauan untuk tidak membuat sumber api seperti menyalakan rokok juga dipasang di kaca pos penjualan tiket.

Wismo meminta agar pengunjung mematuhi aturan tersebut supaya di kemudian hari kebakaran yang diakibatkan oleh ulah manusia tidak terjadi.

"Kami minta agar semua pihak mematuhi rambu-rambu larangan selama berada di kawasan kawah putih," tutupnya.

AYO BACA : Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Kawah Putih

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar