Yamaha

1.909 Pelajar Cimahi Jadi Pengguna Baru Narkoba

  Senin, 07 Oktober 2019   Tri Junari
Narkoba (pixabay)

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG.COM--Dari survey yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),  pada tahun 2018 terdata sebanyak 1.909 pelajar di Kota Cimahi menjadi penyalahguna narkotika tingkat coba pakai atau new user. 

Mereka diduga mengkonsumsi obat terlarang tersebar di 38 SMP, 16 MTs, 16 SMA, 24 SMK dan 9 MA. Faktor utama banyaknya pelajar menjadi new user adalah pergaulan dan gaya hidup. 

Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kota Cimahi, Samsul Anwar mengungkapkan, selain new user hasil survey menyebut kasus teratur pakai diperkirakan sebanyak 0,75 % persen atau setara dengan 191 orang. 

"Sementara yang sudah ketergantungan mencapai 0,25 persen orang atau setara dengan 136 orang.  jumlah penyalahguan narkoba yang baru sekali dua kali pakai atau pemakai pemula ada sekitar 1.909 atau 3,5 persen," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (7/10/2019).

Samsul menjelaskan, kebanyakan pelajar di Kota Cimahi terindikasi menggunakan narkotika jenis obat-obatan. Penyebabnya adalah dari faktor lingkungan sekitar dan gaya hidup.

"Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka masih menggunakan narkoba, dominan lebih ke per kelompok, mereka kebawa," jelasnya.

Fokus BNN Kota Cimahi saat ini, terang Samsul, adalah penanganan terhadap pelajar yang menyalahgunakan narkoba pada tingkat pemula atau new user. Sebab, kalau tidak segera ditangani dikhawatirkan level penyalahgunanya akan naik menjadi teratur.

"Kemudian bisa naik menjadi kecanduan. Supaya tidak naik ke level yang lebih berat maka harus diselesaikan mereka kembalikan lagi ke nol, dipulihkan,"tandasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE