Yamaha

Ini Tanda-tanda Anak Dehidrasi

  Jumat, 04 Oktober 2019
Ilustrasi anak kehausan karena dehidrasi. (Pixabay)

TANGERANG SELATAN, AYOBANDUNG.COM—Dehidrasi terjadi ketika tubuh tidak mendapat cukup cairan. Karena itu, kinerja organ tubuh terganggu. Kondisi dehidrasi tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalaminya. Lantas apa saja tanda-tandanya?

Saat si kecil mengalami dehidrasi, mungkin ia tidak bisa mengungkapkannya secara langsung. Oleh karena itu, orang tua harus pandai mengenali tanda-tanda anak mengalami dehidrasi.

AYO BACA : Dehidrasi Penyebab Ujung Jari Keriput?

Hydration Science Director Danone Aqua dr Tria Rosemiarti menjelaskan, ada beberapa cara untuk mengetahui gejala dehidrasi pada anak. Cara yang paling mudah, kata dia, dengan melakukan tes cubitan di bagian perut bayi.

"Jepit sedikit kulit perut, kemudian lepaskan. Kulit dehidrasi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih ke keadaan semula," kata dr Tria, di Tangerang Selatan, Jumat (4/10/2019).

AYO BACA : Cara Mengobati Kulit yang Terkena Sengatan Matahari

Selain tes cubitan, lanjut Tria, para orang tua bisa mendeteksi gejala dehidrasi dari warna urine dan volume urin Si Kecil. Jika volume urine sedikit atau warna urine kuning keruh dan kecokelatan maka dipastikan si kecil mengalami dehidrasi.

"Kalau warna urinenya kuning keruh kecokelatan itu sudah harus dibawa ke dokter. Karena itu, sudah termasuk tingkat dehidrasi akut yang tidak cukup dipulihkan dengan air minum," kata dia.

Tria menekankan, peran orang tua penting untuk mendukung kebutuhan konsumsi air si kecil setiap harinya. Kebutuhan konsumsi air putih anak-anak bergantung pada usia dan aktivitas.

Mengacu pada Europian Hydration Institute, asupan air minum untuk anak usia 4-8 tahun adalah 1,6 liter per hari. Sementara usia 1-3 tahun direkomendasikan konsumsi 0,9 liter air putih sehari.

AYO BACA : Menurut Studi, Ternyata Ini Minuman Terbaik Saat Dehidrasi

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar