Yamaha Aerox

4 Tips Berburu Sunset

  Kamis, 03 Oktober 2019   Republika.co.id
Foto: pesona.travel

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Menyaksikan matahari terbenam (sunset) saat berlibur menjadi salah satu agenda yang tak boleh terlewatkan. Meskipun sederhana, menyaksikan sunset bisa jadi mengecewakan dan tidak sesuai ekspektasi. Untuk itu, lakukan 4 tips ini agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

1. Riset lokasi

Tidak semua tempat dapat menyuguhkan pemandangan sunset sekalipun Anda sedang berada di lingkungan pantai. Kita akan kesulitan untuk menikmati sunset ketika berada di pantai yang menghadap barat, seperti pantai-pantai yang ada di Sanur, Bali. Sebaliknya, pantai-pantai di Kuta akan menyajikan pemandangan matahari tenggelam yang luar biasa karena menghadap ke timur.

2. Perhatikan ramalan cuaca

Ketika cuaca memburuk atau hujan, jangan harap dapat menikmati sunset. Awan tebal kemungkinan besar akan menutupi proses tenggelamnya matahari di ufuk barat. Mungkin terdengar tidak seburuk itu, namun kesempatan untuk berfoto akan sulit untuk dilakukan ketika hujan terus turun karena sunset biasanya dinikmati di tempat yang terbuka juga.

3. Pelajari teknik memotret yang benar

Teknik memotret siluet paling sering digunakan saat mengabadikan momen saat matahari kembali ke peraduan. Padahal Anda bisa lebih kreatif lagi jika dibekali pengetahuan memotret yang baik. Banyak cara memanfaatkan sunset sebagai latar belakang selain teknik siluet.

Permainan cahaya sangat krusial untuk mendapatkan hasil terbaik saat memotret di sore hari. Untuk itu, ada baiknya jika kita bertanya lebih dulu kepada teman yang mengerti fotografi atau usahakan untuk mempelajari teknik memotret dengan cahaya rendah terlebih dahulu.

4. Persiapan yang matang

Mencari referensi merupakan cara paling mudah untuk mencari tempat dan menghasilkan foto yang bagus. Jika ada, bawalah perlengkapan lengkap seperti kamera dan aksesori pendukungnya. Momen sunset termasuk salah satu fenomena alam yang tidak bisa dipastikan kejadiannya. Tidak sedikit orang kecewa karena sunset tidak muncul sesuai ekspektasi mereka.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar