Yamaha

Cara Hilangkan Nyeri Leher Akibat Salah Bantal

  Kamis, 03 Oktober 2019
Foto: medicalnewstoday.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Keluhan nyeri pada bagian leher dan pundak saat bangun tidur, sering disebut orang 'salah bantal'.

Istilah itu secara medis disebut dengan muscle strain. Dilaporkan glitzmedia.co, Minggu (15/9) dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, mengatakan nyeri leher terjadi akibat posisi tidur yang salah dalam waktu lama.

Kondisi tersebut biasanya karena penggunaan bantal yang tinggi sehingga menyebabkan nyeri leher. Posisi leher dan kepala yang tertahan dalam posisi yang sama untuk waktu cukup lama juga bisa mengakibatkan otot leher tegang saat bangun tidur.

Untuk mengatasi masalah nyeri itu, banyak orang punya kebiasaan dengan memutarkan kepala. Namun, dr. Rachmad mengatakan agar menghentikan kebiasaan tersebut.

“Dapat melakukan beberapa gerakan peregangan otot, misalnya duduk tegap dengan menarik punggung ke arah belakang. Selanjutnya miringkan kepala ke arah kanan dan kiri, dengan posisi wajah yang tetap menghadap ke arah depan. Lakukan secara perlahan sebanyak 5 kali,” paparnya.

Peregangan ini dilakukan bertujuan untuk otot-otot kembali lemas dan rasa nyeri dapat perlahan berkurang. Bila ingin dipijat pada bagian tubuh sebaiknya tidak melakukan penekanan pada bagian saraf.

“Melakukan pijat tubuh boleh saja, asalkan gerakannya ringan dan tidak menggunakan penekanan sama sekali. Masalahnya, jika pijatannya salah, maka bisa mengakibatkan cedera saraf otot pada leher hingga tulang belakang, jadi harus berhati-hati,” ujarnya.

“Setelah melakukan peregangan otot, coba kompres leher Anda menggunakan air hangat. Tujuannya, agar tubuh kembali relaks dan otot lebih lemas. Pemakaian koyo juga boleh, namun untuk anak-anak sebaiknya hindari koyo yang terlalu panas, karena mereka terkadang tidak kuat menahannya,” sambung Spesialis Kedokteran Olahraga itu.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar