Yamaha

Rutin Jalan Kaki, Cara Murah Cegah Strok

  Kamis, 03 Oktober 2019   Republika.co.id
Ilustrasi jalan kaki untuk mencegah strok. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Strok mungkin menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Penyakit ini bisa membuat seseorang kehilangan segalanya dalam waktu singkat. 

Untuk mencegah strok, selain menerapkan pola hidup sehat, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga rutin.

AYO BACA : Psikolog: Terapi Musik Mampu Pulihkan Penderita Strok

Dikutip dari laman boldsky, olahraga rutin paling mudah serta murah yang bisa dilakukan demi mencegah strok adalah jalan kaki. 

Para ahli percaya jalan kaki minimal 30 menit setiap pagi atau sore hari dapat menurunkan risiko strok hingga 40 persen. Jalan kaki juga memungkinkan seseorang memiliki hati yang sehat, terhindar dari masalah obesitas, mencegah risiko penyakit jantung, mencegah kanker, hingga masalah osteoporosis. 

AYO BACA : Kakak Beradik di Tasik Tetap Berkarya Meski Derita Strok

Bagaimana bisa jalan kaki mencegah risiko strok?

Ketika seseorang berjalan kaki, disadari atau tidak, hal ini mendukung tubuh untuk memiliki gerak yang cukup. Aktivitas jalan kaki juga membantu melancarkan sistem peredaran dalam tubuh, mengencangkan sekaligus melenturkan otot tubuh bahkan memperbaiki sel-sel dalam otak. Jalan kaki juga bermanfaat menstabilkan detak jantung. 

Menurut para ahli, jalan kaki membantu anak muda mencegah risiko strok hingga 40 persen. Sedangkan orang tua yang berusia di atas usia 60 tahun, yang rutin jalan kaki minimal selama 30 menit setiap hari, bisa menurunkan risiko strok hingga sepertiganya.

Dalam hal ini, bukan kekuatan atau kecepatan berjalan yang dibutuhkan, melainkan rutinnya jalan kaki yang dilakukan. Semakin rutin seseorang berjalan kaki, semakin rendah risikonya untuk terserang risiko strok.

Namun, jalan kaki saja tidak cukup untuk mencegah risiko strok. Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, rajin minum air putih, dan menghindari konsumsi makanan cepat saji. Hindari pula stres atau depresi demi mendapatkan kesehatan yang lebih sempurna. 

AYO BACA : Cegah Serangan Jantung dan Strok dengan Makanan Tinggi Serat

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar