Yamaha NMax

Ratusan Siswa SLB Cimahi Diajak Lestarikan Batik

  Rabu, 02 Oktober 2019   Tri Junari
Seorang siswa SLB Cimahi sedang menggambar pola batik. (Tri Junari/Ayobandung.com)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada Rabu 2 Oktober 2019, SLBN A-Citeureup, Kota Cimahi menggelar sejumlah kegiatan bernuansa batik. Sebanyak 100 siswa antusias mengikuti kegiatan yang digagas untuk mengenalkan Batik pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Wakil Kepala SLBN A Citeureup, Utin Kurnaedi mengatakan, kegiatan siswa hari batik diisi dengan lomba mewarnai dan fashion show bertema batik. Siswa ABK penyandang low vision, tuna rungu-wicara, tuna grahita, tuna daksa, dan autis di sekolah ini diajak untuk melestarikan batik.

AYO BACA : Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Batik Melalui Fasion Show

Acara ini juga digelar sebagai bentuk simbolisasi penerus bangsa untuk bangga dan melestarikan batik setelaj ditetapkan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) sebagai warisan budaya Indonesia sejak tahun 2009.

"Acara ini digelar spontan saja, kami ingin melatih dan mengajak siswa memiliki kebanggaan pada budayanya, harapannya tentu mereka sebagai generasi penerus terus melestarikan Batik," ungkap dia, Rabu (2/10/2019).

AYO BACA : Ribuan Pelajar Cirebon Pecahkan Rekor Membatik Mega Mendung

Fashion show yang diikuti siswa SLB tingkat SD, SMP dan SMA diharuskan memakai busana batik dari berbagai daerah di Indonesia. 

Lomba mewarnai juga sengaja mengambil tema batik agar siswa lebih kreatif mempadu padankan warna batik yang diinginkannya.

"Jika biasanya mewarnai itu tokoh kartun misalnya, hari ini siswa belajar berkreasi sendiri batik yang diinginkannya," kata dia.

Jauh yang lebih penting dari itu, tambah Utin, kegiatan ini juga mendorong masyarakat untuk sungguh-sungguh melestarikan batik dalam kehidupan sehari-hari dan menjaga nilai tradisi yang ada didalam batik.

AYO BACA : Artis Dalam Hingga Luar Negeri Ramai Ucapkan Selamat Hari Batik

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar