Yamaha

Ini 9 Fraksi yang Ditetapkan MPR di Sidang Paripurna Kedua

  Rabu, 02 Oktober 2019   Fira Nursyabani
Sidang Paripurna MPR. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menetapkan sembilan fraksi dari partai politik dalam Sidang Paripurna Kedua yang diadakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Dalam sidang yang dipimpin pimpinan MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Brigitta Lasut itu, hanya Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang belum menyerahkan susunan Kelompok DPD di MPR.

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan diketuai oleh Ahmad Basarah dengan Sekretaris Tb Hasanuddin.

Fraksi Partai Golkar dipimpin Ketua Agun Gunandjar Sudarsa dan Sekretaris Muhammad Idris Laena.

Fraksi Partai Gerindra diketuai Ahmad Riza Patria dengan Sekretaris Elnino M Husein Mohi.

Fraksi Partai NasDem dipimpin Ketua Johnny G Plate dan Sekretaris Syarif Abdullah Alkadrie.

AYO BACA : Pimpinan MPR dari DPD Segera Diputuskan Sore Ini

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diketuai Jazilul Fawaid dengan Sekretaris Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

Fraksi Partai Demokrat dipimpin Ketua Guntur Sasono, dengan struktur lainnya akan disusulkan.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diketuai Tifatul Sembiring dengan Sekretaris Johan Rosihan.

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dipimpin Ketua Alimin Abdullah dan Sekretaris Saleh Partaonan Daulay.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diketuai Arwani Thomafi dan Wakil Ketua Syaifullah Tamliha.

Setelah Sidang Paripurna Kedua dengan agenda penetapan jadwal sidang dan fraksi-fraksi, MPR mengagendakan sidang paripurna untuk memilih pimpinan MPR. Menurut Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang sudah direvisi, MPR periode 2019-2024 akan dipimpin 10 orang pimpinan.

AYO BACA : Sehari Dilantik, Paripurna MPR Dihadiri Setengah Anggota

Sidang Paripurna ketiga MPR yang digelar hari ini juga  belum memutuskan nama ketua MPR periode 2019-2024. Hal itu karena pembahasan nama Ketua MPR akan diputuskan dalam Sidang Paripurna MPR IV pada Kamis (3/10/2019).

Namun, dalam sidang paripurna III sudah diputuskan nama-nama ketua fraksi Partai Politik dan Dewan Perwakilan Daerah yang akan membahas wakil yang diusulkan masing-masing anggota untuk diajukan kepada pimpinan MPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Brigitta.

Fraksi PDI Perjuangan mengajukan nama Ahmad Basarah sebagai ketua. Fraksi Partai Golkar mengajukan nama Zainuddin Amali sebagai ketua. Fraksi Gerindra mengajukan nama Ahmad Riza Patria sebagai ketua.

Fraksi Nasional Demokrat mengajukan nama Johnny G. Plate sebagai ketua. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa mengajukan nama Jazilul Fawaid sebagai ketua. Fraksi Demokrat mengajukan nama Guntur Sasono sebagai ketua. Fraksi Partai Keadilan Sejahtera mengajukan nama Tiffatul Sembiring sebagai ketua.

Fraksi Partai Amanat Nasional mengajukan nama Alimin Abdullah sebagai ketua. Fraksi Partai Persatuan Pembangunan mengajukan nama Muhammad Alawi sebagai ketua.

Sementara dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) belum ada kesepakatan nama siapa yang akan diusulkan. Mereka meminta waktu untuk melakukan rapat internal sebelumnya. Sebelumnya sempat muncul nama yaitu Senator Intsiawati Ayus dan Fadel Muhammad sebagai perwakilan dari DPD.

Permintaan itu ditolak Pimpinan MPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe. Ia berpendapat kalau nama dari DPD untuk menjadi ketua perwakilan sebetulnya sudah ada tapi memang usulan DPD untuk menjadi ketua MPR belum.

AYO BACA : Deretan Nama yang Digadang-gadang Bakal Menduduki Kursi Ketua MPR

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar