Yamaha

Elemen Masyarakat Kabupaten Tasik Berikrar Setia pada Pancasila

  Selasa, 01 Oktober 2019   Irpan Wahab Muslim
Upacara Hari Kesaktian Pancasila. (ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM--Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 tingkat Kabupaten Tasikmalaya dipusatkan di Halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (1/10/2019). Upacara peringatan dihadiri oleh pejabat dilingkungan Pemkab Tasikmalaya, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI - Polri.

Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila ini langsung dipimpin Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. Dalam sambutannya, Ade megatakan paska kemerdekaan tanggal 17 Agustus, pada kenyataannya telah banyak rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri.

Rongrongan itu, kata Ade, dimungkinkan karena Kelengahan, Kekurangwaspadaan terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan pancasila sebagai ideologi bangsa.

Dalam memperingati hari kesaktian pancasila, kata Ade, pihaknya dan masyarakat Tasikmalaya membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai nilai pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

"Pancasila itu lahir bukan proses yang mudah, 350 tahun indonesia dijajah oleh bangsa lain, rasa sakit dijajah itu membawa kita bersatu," Kata Ade.

Disinggung soal kemungkinan adanya ASN yang mengikuti faham atau ideologi diluar Pancasila, Ade mengatakan akan melakukan pembinaan namun jika pembianaan tidak maksimal, pemecatan menjadi langkah tegas pemerintah.

"Selama ini belum ada, kalaupun ada Karena sebagai asn yang sudah bersumpah pada Pancasila atas nama Alloh setia pada Undang Undang Dasar 1945, Pancasila dan NKRI berarti sudah melanggar sumpah itu, saya kira pantas untuk diberhentikan," pungkas Ade.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar