Yamaha

Cara Memilih Penyumbat Telinga yang Aman Dipakai Tidur

  Selasa, 01 Oktober 2019   Republika.co.id
Ilustrasi (Amazon)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Banyak orang yang mengalami gangguan tidur. Entah itu karena gampang terbangun, memiliki pasangan yang mendengkur, tinggal di daerah lalu lintas padat, atau hanya mengalami kesulitan tidur. Mungkin anda membutuhkan penyumbat telinga untuk dapat mengurangi kebisingan.

Meskipun tidak ada perangkat perlindungan pendengaran yang benar-benar menghalangi semua suara, tetapi penyumbat telinga peredam bising membantu memblokir banyak getaran suara ke gendang telinga Anda. Dengan begitu, jumlah suara yang Anda dengar jauh lebih tenang.

Dilansir dari Bustle.com, Senin (30/9), ada tiga jenis penyumbat telinga yang bisa Anda pilih. Pertama, penyumbat telinga busa lembut dan terjangkau. Namun, penyumbat jenis ini rentan terhadap bakteri yang menempel pada busa.

Karena itu, pengguna harus menggantinya secara teratur. Beberapa orang juga merasakan penyumbat telinga busa, ternyata terlalu besar untuk telinganya.

Kedua, penyumbat telinga silikon. Penyumbat telinga ini bisa digunakan berulang kali, tetapi beberapa orang merasa kurang nyaman menggunakan saat tidur. Saat ini, sudah ada penyumbat telinga silikon lebih lembut, mereka biasanya memiliki NRR (peringkat pengurangan kebisingan) yang lebih rendah.

Ketiga, penyumbat telinga lilin yang dengan fleksibel membentuk seukuran telinga Anda. Dengan begitu, bentunya bisa pas dengan telinga masing-masing pengguna. Namun, penyumbat jenis ini rentan terhadap residu telinga dan zat lain yang menempel padanya.

Menurut beberapa pengulas Amazon, pengguna memerlukan waktu untuk membiasakan diri menggunakan penyumbat telinga lilin itu. Atau, jika Anda penikmat musik, atau ASMR sebelum Anda tidur, ada juga earbud elektronik yang dirancang khusus untuk tidur. Untuk membantu mempermudah proses pemilihan, ini merupakan penyumbat telinga terbaik untuk meredam kebisingan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar