Yamaha Mio S

400-an Mahasiswa dan Pelajar Dievakuasi, Gas Air Mata Penyebab Utama

  Senin, 30 September 2019   Nur Khansa Ranawati
Daftar nama mahasiswa dan pelajar yang dievakuasi ke Unisba. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak lebih dari 400 pelajar dan mahasiswa yang terluka akibat mengikuti aksi demonstrasi di Kota Bandung, Senin (30/9/2019) dievakuasi ke area kampus Universitas Islam Bandung (Unisba). Berdasarkan keterangan Wakil Presiden Mahasiswa Unisba, Sulton Arif Mauludi, korban mulai berdatangan sejak pukul 5 sore.

Dia mengatakan, mayoritas korban dirawat di tempat karena sesak napas akibat terkena tembakan gas air mata. Sementara itu, sebagian lainnya mengalami luka yang lebih serius.

AYO BACA : Ratusan Demonstran Dievakuasi Ke Unisba

"Sudah mulai berdatangan dari jam 5. Kebanyakan sesak napas kena tembakan gas air mata. Ada juga yang terluka karena pentungan," ungkapnya ketika ditemui di Kampus Unisba.

Berdasarkan pantauannya, beberapa korban luka lainnya yang sempat dievakuasi ke Unisba ada yang mengalami memar-memar, bengkak pada bagian kaki, pendarahan pada kepala hingga patah tulang. Massa aksi yang mengalami luka lebih serius telah dirujuk ke rumah sakit.

AYO BACA : Demo Berakhir Ricuh, Pertokoan dan Pusat Bisnis Memilih Tutup

"Hampir semua sudah dibawa ke Rumah Sakit Halmahera, Hasan Sadikin (RSHS), Borromeus dan Sariningsih. Saat ini mereka sedang dalam perawatan intensif," ungkapnya.

Sementara itu, korban lainnya telah dibawa pulang ke tempat masing-masing.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, hingga pukul 21.30, area aula Unisba yang digunakan sebagai tempar evakuasi mulai dikosongkan. Ratusan mahasiswa masih menunggu di area informasi medis untuk mencari kabar terbaru terkait rekan-rekannya yang mendapatkan perawatan.

Adapun jumlah ambulans yang dioperasikan mencapai sekitar 9 buah. "3 ambulan dari Unisba, dari luar sekitar 6 ambulan. Ada dari PMI, Dinkes Kota Bandung dan relawan," pungkasnya.

AYO BACA : Demo Mahasiswa, Lalu Lintas Sekitar Gasibu Lumpuh

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar