Yamaha

OJK: UMKM Bisa Manfaatkan Fintech untuk Pinjam Modal Usaha

  Senin, 30 September 2019   Hendy Dinata
Ilustrasi -- Petugas mengarahkan calon pelanggan untuk mengaktifkan salah satu produk 'fintech' pada Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (23/9/2019). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan kemudahan program pinjaman modal usaha dari financial technologi atau fintech. Pelaku UMKM diketahui banyak membutuhkan pinjaman untuk modal usaha.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabag Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah Kantor Regional 2 OJK Jawa Barat Iman Kadarusman. Iman mengatakan bahwa Fintech dapat menjadi solusi untuk pinjaman modal usaha.

AYO BACA : Ratusan Pelaku UMKM Kota Bandung Ikuti Pelatihan Literasi Keuangan

Menurutnya, para pelaku UMKM banyak yang kebingungan untuk mendapatkan modal usaha karena sulit mengakses perbankan atau lembaga keuangan konvensional. Hal itu disebabkan oleh syarat yang rumit serta perlunya agunan.

“Ya program tersebut (Fintech) dapat menjadi solusi pinjaman untuk modal usaha, karena di bank syaratnya rumit serta perlunya agunan," ujar Iman, Senin (30/9/2019).

AYO BACA : Aa Umbara Optimis UMKM KBB Berkembang di Era Industri 4.0

Namun, menurut Iman, para pelaku UMKM juga harus berhati-hati. Sebab banyak juga fintech yang belum memiliki ijin dari OJK. "Tentunya harus berhati-hati. Banyak juga fintech yang belum memiliki ijin dari OJK, hati-hati,” katanya.

Iman juga mengungkapkan bahwa langkah-langkah untuk mengajukan pinjaman dari program fintech sangat mudah. Para pelaku UMKM hanya harus menjalani empat langkah, yakni registrasi keanggotaan, pengajuan pinjaman, pelaksanaan pinjaman, dan pembayaran pinjaman.

Bahkan, para pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga sebesar Rp2 miliar. UMKM juga mendapatkan keterbukaan informasi yang dapat diakses di beragam platfoam.

AYO BACA : Wagub Jabar Minta Koperasi dan UMKM Gandeng Milenial

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar