Yamaha

BPBD Bandung Distribusikan 995.000 Liter Air Bersih Selama Kemarau

  Senin, 30 September 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi distribusi air bersih. (Aditya Priyanto/Magang/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Akhmad Djohara mengatakan, pihaknya telah menyalurkan 995.000 liter air bersih. Air bersih itu disalurkan ke sejumlah kecamatan yang terdampak kekeringan selama kemarau.

“Per tanggal 26 September 2019, jajaran kami telah mendistribusikan 995.000 liter air bersih untuk warga terdampak kekeringan, yaitu di 23 kecamatan,” ujar Akhmad dalam pernyataan resmi yang diterima ayobandung.com, Minggu (29/9/2019).

AYO BACA : Darurat Kekeringan, Pemkab Bandung Berupaya Selamatkan Lahan Tanam

Ia pun merinci daerah yang telah terdistribusi air bersih di 23 kecamatan tersebut. Daerah-daerah itu antara di Kecamatan Banjaran (Desa Tarajusari, Ciapus, dan Sindangpanon), Kutawaringin (Desa Cilame, Kutawaringin, dan Kopo), Pameungpeuk (Desa Rancatungku, Bojongkunci, Langonsari, Sukasari, dan Bojongmanggu), Cangkuang (Desa Tanjungsari, Jatisari, dan Nagrak) dan Pasirjambu (Desa Cibodas, Tenjolaya, dan Pasirjambu).

Berikutnya Kecamatan Baleendah (Desa Andir, Kelurahan Wargamekar, Manggahang, dan Baleendah), Pacet (Desa Maruyung dan Mandalahaji), Arjasari (Desa Patrolsari, Wargaluyu, Mangunjaya, Lebakwangi, Baros, dan Pinggirsari), Katapang (Desa Cilampeni dan Katapang), Ciwidey (Desa Rawabogo, Panyocokan, dan Nengkelan), Paseh (Desa Tangsimekar, Cipedes, Sukamanah, dan Cipaku), Margaasih (Desa Lagadar), Cicalengka (Desa Cikuya, Babakan Peuteuy, Cicalengka Kulon, dan Narawitan).

AYO BACA : Kemarau Panjang Menjadi Awal Peningkatan Produksi Pertanian

“Di Kecamatan Ibun (Desa Karyalaksana), Cikancung (Desa Cihanyir dan Ciluluk), Cileunyi (Desa Cibiru Wetan dan Jajaway), Solokanjeruk (Desa Bojong Emas), Majalaya (Desa Sukamukti), Dayeuhkolot (Kelurahan Dayeuhkolot), Ciparay (Desa Bumiwangi dan Ciheulang), Nagreg (Desa Citaman), Rancaekek (Desa Linggar) dan Kecamatan Soreang (Desa Pamekaran dan Cingcin),” ujar Akhmad.

Sementara itu empat kecamatan lainnya yang belum tersentuh antara lain Kecamatan Margahayu, Pangalengan, Cilengkrang, dan Cimenyan. Sedangkan Kecamatan Bojongsoang, Kertasari, Rancabali, dan Cimaung tidak terdampak kekeringan.

“Alhamdulillah sebanyak 44.900 Kepala Keluarga (KK) dan 126.857 jiwa sudah merasakan manfaatnya. Sampai saat ini kami masih terus melakukan distribusi air bersih, bekerja sama dengan Disperkimtan (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan), Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan), PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), PMI (Palang Merah Indonesia) dan AMCF (Asia Muslim Charity Foundation),” kata Akhmad.

AYO BACA : Kemarau Panjang, Distan Dorong Petani Percepat Tanam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar