Yamaha Aerox

5 Langkah Agar Tubuh Sembuh dari Flu

  Senin, 30 September 2019   Republika.co.id
Ilustrasi sakit flu. (Mojca JJ/Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Flu merupakan penyakit pernapasan menular akibat infeksi virus yang tersebar lewat udara. Flu biasanya disebabkan karena tiga jenis virus, yaitu influenza A, B, dan C. Meski bukan penyakit berat, namun terserang flu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana cara untuk pulih dari flu? Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan saat kamu terserang flu seperti dilansir The Guardian, Senin (30/9/2019).

1. Minum obat antivirus

Jika menunjukkan gejala flu, kamu bisa membeli obat antivirus seperti oseltamivir (dijual sebagai Tamiflu) dan zanamivir (Relenza). Kedua obat itu bekerja memblokir virus yang menginfeksi sel-sel baru. Obat-obat ini paling efektif jika diminum dalam kurun waktu 48 jam dari gejala pertama sehingga dapat memperpendek serangan flu. Namun, jika kamu mengidap diabetes atau penyakit jantung kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan obat mana yang baik diminum.

AYO BACA : Flu Berat saat Hamil Rentan Melahirkan Bayi Prematur?

2. Istirahat cukup

Tidur yang cukup bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, juga meningkatkan kemampuan tubuh menjaga jumlah sel darah putih agar tetap tinggi dan melawan infeksi. Karena itu, selain memulihkan, istirahat yang cukup bahkan bisa membantu mencegah flu.

3. Perhatikan asupan makanan dan minuman

Saat terserang flu, baiknya menahan keinginan makan yang pedas atau berminyak. Untuk memulihkan flu perbanyaklah mengonsumsi makanan tinggi vitamin C seperti buah kiwi dan paprika hijau, serta yang kaya antioksidan beta-karoten seperti wortel, ubi, dan labu. Dengan mengonsumsi itu, sistem kekebalan tubuh kamu bisa meningkat.

AYO BACA : Redakan Flu dengan Sup Ayam

Sementara itu, untuk minum, banyak ahli percaya ketika flu dianjurkan minum minimal delapan gelas sehari. Gejala flu yang umum seperti berkeringat dan pilek meningkatkan jumlah air tubuh yang hilang, jadi menjaga asupan cairan dianjurkan agar mencegah dehidrasi. Minum juga bisa menghentikan lendir yang menumpuk di paru-paru Anda, yang dapat menyebabkan pneumonia.

4. Tetap hangat dan tetap di rumah

Membuat tubuh tetap hangat saat terserang flu membantu tubuh bisa mempertahankan energi. Ketika flu, para ahli merekomendasikan agar kamu istirahat di rumah setidaknya selama 24 jam untuk menghindari penularan virus. Ini juga dapat mengurangi risiko mengembangkan komplikasi seperti pneumonia.

5. Coba suplemen NAC

N-asetil L-sistein (NAC) adalah antioksidan kuat. Penelitian telah menunjukkan hal itu dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan flu dengan meningkatkan imunitas, mengurangi lendir pernapasan dan menghambat kemampuan virus untuk bereplikasi.

AYO BACA : Pilek dan Flu Bisa Menyerang Bersamaan? Ini Kata Peneliti

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar