Yamaha

Diskar Kabupaten Bandung Akan Dirikan Pos Baru

  Jumat, 27 September 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi pemadam kebakaran. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM—Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung akan menambah satu pos pemadam pada 2020.

Kepala Diskar Kabupaten Bandung Kawaludin mengatakan, pos yang akan didirikan tahun depan tersebut untuk mengawal wilayah tengah.

"Ada area yang belum ter-cover oleh pos yang ada. Bojongsoang, Baleendah, dan Pameungpeuk," tutur Kawaludin, Jumat (27/9/2019).

Saat terjadi kebakaran di wilayah tersebut, Diskar Kabupaten Bandung terpaksa menerjunkan armada dari pos sekitar, baik Soreang maupun Ciparay.

Dengan dibangunnya pos baru, diharapkan respons ketika terjadi kebakaran bisa lebih cepat.

Kawaludin menjelaskan, setidaknya respons time kebakaran idealnya bisa mencapai 10 menit. Sementara saat ini, kecepatan waktu respons baru mencapai 15 menit.

Penamabahan satu pos akan membuat kabupaten Bandung mempunyai 10 pos pemadam. Jumlah tersebut, kata Kawaludin, memang belum ideal, tetapi akan bisa mengurangi dampak kerugian materil akibat kebakaran.

"Idealnya harus ada 11 pos," ucapnya.

Penambahan pos akan menambah juga infrastruktur seperti gedung, armada, biaya operasional sampai petugas.

Kawaludin melanjutkan, secara kesuluruhan pihaknya masih membutuhkan infrastruktur dan SDM untuk mencover seluruh wilayah.

Saat ini Diskar Kabupaten Bandung hanya memiliki 18 armada yang beroperasi, di antaranya 2 mobil tangki air, 4 mobil pompa Jepang, dan sisanya mobil Pancar dan mobil Rescue.

Sementara itu, kebutuhan armada Diskar Kabupaten Bandung idealnya mencapai 44 armada pemadam kebakaran.

"Jumlah petugas kebakaran itu ada dua jenis, yang pertama berstatus PNS yang jumlahnya mencapai 40 orang dan petugas tenaga harian lepas (THL) sebanyak 90 orang jadi totalnya 130 orang. Masih sangat kurang idealnya kami masih membutuhakan total hingga 200 petugas," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar