Yamaha

Human Error Jadi Penyebab Utama Insiden Kebakaran Naik Tajam

  Jumat, 27 September 2019   Mildan Abdalloh
Ilustrasi kebakaran. ((Dadan Ramdani/Magang/ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COMĀ -- Kejadian kebakaran di Kabupaten Bandung meningkat tajam dalam dua bulan terakhir. Sebagian besar kebakaran diketahui disebabkan oleh ulah manusia atau human error.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Kawaludin mengatakan sampai 26 september 2019 tercatat ada 351 kejadian kebakaran. September menjadi bulan yang paling sering terjadi kebakaran dengan jumlah lebih dari 60 kejadian.

AYO BACA : 239 Kebakaran Terjadi di Purwakarta Sepanjang 2019

Kawaludin menyebut sebagian besar objek yang terbakar didominasi oleh rumah tinggal dengan jumlah mencapai 128 rumah. Disusul lahan dengan jumlah 110 kejadian.

"Ada juga pabrik sebanyak 34 dan gudang 16 bangunan," tutur Kawaludin, Jumat (27/9/2019).

AYO BACA : Seratus Insiden Kebakaran Terjadi di Cianjur Selama 2019

Sebagian besar penyebab kebakaran akibat ulah manusia (human error). Bahkan persentasenya hampir 100%. "99% kebakaran di Kabupaten Bandung diakibatkan oleh human error," ucapnya.

Untuk kebakaran yang terjadi di rumah dan pabrik, sebagian besar diakibatkan oleh konsleting listrik. Menurutnya hubungan arus pendek tersebut merupakan human error akibat teledor dalam membuat instalasi listrik atau tidak rutin melakukan pengecekan.

Sementara kebakaran lahan sebagian besar disebabkan oleh pembakaran sampah. Dia mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam membakar sampah, juga selalu rutin mengecek kondisi instalasi listrik di rumah.

AYO BACA : Sejak Januari, 58 Kebakaran Landa Tasik dengan Kerugian Rp6,1 Miliar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar