Yamaha

Gagal di Pilwakot, Achmad Zulkarnain Jadi Ketua DPRD Cimahi

  Selasa, 24 September 2019   Tri Junari
DPRD Kota Cimhai. (Tri Junari/Ayobandung.com)

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG.COM--Karier politik kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Cimahi Achmad Zulkarnain terbilang gagal menembus eksekutif saat maju di Pilkada Cimahi 2017. Saat itu, ia kalah menjadi calon Wakil Wali Kota Cimahi berpasangan dengan Wali Kota petahana Atty Suharti Tochija.

Namun karier moncer kini dirasakan Azul sapaan akrabnya setelah menang mengadu peruntungan di pemilihan legislatif. Ia berhasil lolos dan kini didapuk jadi Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024.

Dia akan didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi, yakni Bambang Purnomo dari Partai Gerindra, Purwanto dari PDI Perjuangan dan Rini Martini dari Partai Demokrat.

AYO BACA : Atty tak Bisa Nyoblos, Azul Kecewa

Saat ditemui usai mengucap sumpah dan janji, Azul mengatakan ia dan seluruh Anggota DPRD Kota Cimahi lainnya akan langsung membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Seperti pembentukan komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus) dan sebagainya.

"AKD harus segera dibentuk. InsyaAlloh besok beres semua sehingga tugas dewan sudah bisa disalurkan (sesuai tupoksinya)," katanya.

AYO BACA : Resmi Dilantik, Ini Nama 45 Anggota DPRD Kota Cimahi 2019-2024

Ditegaskannya, AKD harus segera terbentuk sebab banyak pekerjaan yang harus segera dibahas dan diselesaikan dalam waktu dekat. Seperti Anggaran Pendapatan dam Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019 dan APBD Murni 2020.

Dikatakan Achmad, untuk APBD Perubahan saat ini tinggal menunggu hasil evaluasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pihaknya meyakini APBD 2019 itu akan selesai pekan ini.

"R-APBD (perubahan) sudah selesai diserahkan ke provinsi, nanti diserahkan ke kita. Tinggal tindaklanjut, penyempurnaan," katanya.

Kemudian untuk APBD 2020, terang Achmad, ketika DPRD periode 2014-2019 baru selesai sampai pembahasan Kerangka Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS). DPRD periode yang baru dilantik ini tengah menunggu rancangan RAPBD 2020 dari Pemkot Cimahi.

"KUA-PPAS sudah selesai. Tinggal menunggu R-APBD 2020 dari Pemkot Cimahi," tandasnya.

AYO BACA : Azul Menang di TPS Kandang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar