Yamaha

Biji Ketumbar Bisa Atasi Diabetes

  Selasa, 24 September 2019   Republika.co.id
Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Bumbu dampur dapat menjadi harta karun dengan salah satu bagiannya, seperti rempah-rempah yang ternyata memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai infeksi dan penyakit pada manusia. Salah satunya adalah diabetes, masalah kesehatan yang membuat seseorang harus membatasi kadar gula dalam darahnya.

Diabetes juga membuat pasien harus bergantung pada obat-obatan serta diet yang ketat. Dilansir dari Indian Express, ada beberapa rempah-rempah dari bumbu dapur yang ternyata dapat digunakan untuk mengontrol dan mengatasi kondisi di mana kadar gula dalam darah tinggi diakibatkan oleh pankreas yang tidak mampu menghasilkan jumlah insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak responsif terhadapnya.

AYO BACA : Poppins Bazzar PVJ Hadirkan Enterpreneur Muda dan Rangkaian Great Sale

Bumbu dapur yang ajaib tersebut adalah ketumbar. Biji ketumbar yang biasanya digunakan sebagai penyedap dalam beberapa jenis makanan seperti kari ini, ternyata mengandung nutrisi penting, mulai dari kalium, zat besi, vitamin A, C dan K, asam folat, magnesium, dan kalsium.

Karena itu, biji ketumbar dapat mengurangi kadar glukosa darah penderita diabetes dan menjaga aktivitas insulin, yang pada akhirnya membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.  

AYO BACA : Hello Odading, Jajanan Tradisional yang Disulap Menjadi Kuliner Kekinian

Sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine menyebutkan bahwa biji ketumbar efektif untuk mengendalikan pelepasan insulin dari sel beta pankreas pada tikus dengan penyakit diabetes, yang diinduksi streptozotocin.

Biji ketumbar serta daunnya juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Menurut sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition juga diketahui bahwa ekstrak  dari biji ketumbar memiliki senyawa tertentu yang ketika dikeluarkan ke dalam darah menyebabkan anti-hiperglikemia, serta pengeluaran insulin yang dapat membantu menjaga glukosa darah ke dalam batas aman.

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan biji ketumbar sebagai obat mengatasi diabetes adalah dengan merendamnya dalam air selama satu malam. Kemudian, minumlah air rendaman tersebut di pagi hari, saat perut masih berada dalam keadaan kosong.

Dengan cara ini, jumlah LDL atau kolestrol jahat dalam darah dapat berkurang, serta sebaliknya meningkatkan HDL atau kolestrol baik. Jika Anda ingin mengonsumsi biji ketumbar di dalam makanan secara langsung, manfaat ini juga bisa didapatkan.

Meski demikian, para dokter menyarankan agar pasien yang menderita diabetes untuk berkonsultasi terlebuh dahulu sebelum menggunakan obat alternatif biji ketumbar ini. Hal itu karena mengonsumsi obat-obatan medis dan biji ketumbar secara bersamaan mungkin dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

AYO BACA : Pemkot Bogor Siapkan Festival Kuliner Legendaris

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar