Yamaha Lexi

Gempa Bumi Magnitudo 4,2 Guncang Lebak-Banten

  Jumat, 20 September 2019   Dadi Haryadi
Gempa Bumi Magnitudo 4,2 Guncang Lebak-Banten. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Wilayah Lebak Banten dan sekitarnya diguncang gempabumi Tektonik pada pukul 20:15 WIB, Jumat (20/9/2019).

AYO BACA : Penjelasan BMKG Soal Gempa Langka di Rembang

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan pusat gempabumi terletak pada koordinat 7.46 LS - 106.09 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 101 km BaratDaya LEBAK-BANTEN  dengan kedalaman 7 Kilometer.

AYO BACA : Benarkah Ikan Mati Massal Pertanda Tsunami?

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktifitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Kec. Pabuaran, Kec. Surade, Kec. Ciracap dan Kec. Jampang Tengah dengan Skala Intensitas II – III MMI.  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

Hingga laporan ini dibuat, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 event gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

AYO BACA : LIPKHAS GEMPA: Gempa Banten Beri Pesan untuk Kota Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar