Yamaha NMax

Data Pelanggan Bocor, Menkominfo Pertemukan Lion Air Group dengan AWS

  Kamis, 19 September 2019   Dadi Haryadi
Pesawat Lion Air bersiap mengudara di Bandara Husein Sastranegara Bandung. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berencana akan mempertemukan Lion Air Group dengan penyedia layanan penyimpanan data Lion Air Group, Amazon Web Service (AWS), terkait kebocoran data pelanggan.

"Kami pastikan dalam minggu depan sudah tahu kepastiannya karena Kominfo sudah mengirim surat kepada AWS yang menjadi pihak berdasarkan media online, dan Kominfo telah mengundang Lion," ujar Rudiantara di temui di gedung Kominfo, Jakarta, Kamis (19/9/2019) malam.

AYO BACA : Ikuti Keputusan Pemerintah, Lion Air Turunkan Harga Tiket Rute Domestik

"Jadi, tinggal mengkonfirmasi kepada keduannya," lanjut pria yang akrab disapa Chief itu.

Rudiantara mengatakan telah menyurati AWS dan menerima pernyataan resmi dari AWS. Dia mendapat informasi tentang kebocoran data pada Selasa (17/9/2019) malam, dan langsung menghubungi pihak AWS.

AYO BACA : Lion Air Turunkan Harga Tiket Pesawat

Setelah itu, dia berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara mengenai permasalahan tersebut.

Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika telah bertemu dengan perwakilan Lion Air Group di gedung Kominfo, Kamis sore.

"Kita harus konfirmasi keseluruhannya, dan harapan saya semoga tidak ada yang memanfaatkan data yang bisa diakses melalui web tersebut," kata Rudiantara.

Awal pekan ini, data penumpang Malindo Air yang merupakan anggota Lion Air Group dilaporkan bocor, dan dan diunggah ke forum online. Data tersebut kabarnya meliputi paspor, alamat dan nomor telepon penumpang.

AYO BACA : Lion Air Ganti Boeing 747-400 dengan Airbus 330-900NEO

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar